15 August 2016

by Glenn Kaonang

Aplikasi Edit Foto VSCO Tak Lagi Dilengkapi Fitur Sync Antar Perangkat

Pengguna dihimbau untuk meng-export semua foto hasil editan sebagai backup

Selain menawarkan cara mengedit foto yang intuitif serta filter bernuansa retro yang menarik, VSCO juga cukup dikenal akan fitur sinkronisasi antar perangkatnya. Jadi semisal Anda punya iPad dan iPhone, foto yang Anda edit di salah satu perangkat akan muncul secara otomatis di perangkat lain, lengkap beserta hasil editannya.

Pun demikian, dengan adanya layanan seperti Google Photos, fitur ini perlahan jadi terkesan kurang relevan. Apalagi ditambah dengan kemudahan meng-export foto hasil editan ke galeri ponsel yang ditawarkan VSCO.

Maka dari itu, pihak pengembang VSCO baru-baru ini mencabut fitur sync tersebut dari aplikasinya. Beberapa pengguna mungkin masih akan menjumpai foto hasil editannya muncul di perangkat lain, akan tetapi hal ini mungkin tidak akan berlangsung lama.

Demi sedikit mengobati kekecewaan pengguna, VSCO telah menghadirkan fitur "Export all images" yang bisa diakses dari menu pengaturan. Setelahnya, tinggal unggah foto-foto tersebut ke layanan seperti Google Photos, dan Anda pun bisa menikmatinya dari semua perangkat.

Foto-foto yang sebelumnya sudah di-sync juga tidak akan hilang begitu saja. Anda cuma harus berhati-hati untuk tidak menghapus foto-foto tersebut tanpa mempunyai backup atau malah tidak sengaja menghapus aplikasi VSCO.

VSCO sendiri sepertinya ingin lebih berfokus pada penyempurnaan fitur editing yang ditawarkannya. Dilihat dari sudut pandang positif, penghapusan fitur sync ini bisa diartikan VSCO akan lebih gencar dalam mengembangkan fitur-fitur baru yang bisa meningkatkan kualitas foto hasil editan pengguna.

Sumber: Engadget dan VSCO.