Dahulu proses untuk menyunting foto dan video yang bagus dan profesional harus lewat PC/laptop dan mengandalkan software seperti Adobe Photoshop versi PC. Namun saat ini, cukup hanya bermodalkan smartphone dan aplikasi editor (seperti di bawah ini), Anda sudah bisa membuat dan menciptakan konten foto dan video yang menarik.

1. Canva

Canva tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda yang bergelut di dunia desain grafis. Tool ini awalnya tersedia dalam aplikasi berbasis web, tapi kini sudah tersedia di Android.

Dengan Canva Anda dapat dengan mudah menyulap gambar supaya terlihat jauh lebih menarik. Pilih template, bubuhi dengan teks, dan beri efek foto yang khas sesuai keinginan Anda.

Banyak yang telah menggunakan Canva untuk membuat konten Instagram, sampul Facebook, header Twitter, sampul saluran YouTube, dan juga gambar kecil atau thumbnail video YouTube.

2. Adobe Spark (iOS)

Pun demikian dengan Adobe Spark, awalnya juga berbasis web dan merupakan evolusi dari trio aplikasi iOS Adobe – Post, Slate dan Voice yang telah disempurnakan dan digabungkan menjadi satu aplikasi bernama Spark.

Ada tiga format khas Spark: Post (untuk grafik), Page (untuk laman web) dan Video. Spark akan membantu Anda, untuk menciptakan grafik untuk media sosial, video untuk Instagram, hingga untuk membangun sebuah brand.

Spark telah menyediakan beragam template untuk berbagai kebutuhan, mulai dari template kartu nama, cover media sosial sampai template selebaran, iklan digital, dan lainnya.

3. Adobe Photoshop Lightroom CC

Dalam hal sunting-menyunting foto, Adobe Photoshop Lightroom CC adalah tool andalan para fotografer. Lightroom adalah untuk mereka yang lebih percaya dengan penglihatannya sendiri ketimbang fitur Auto Enhance dan sejenisnya dalam mengedit foto.

Meski begitu, untuk pengguna awam Adobe juga menyediakan fitur penyuntingan otomatis dan pada versi terbaru sudah pun ditenagai oleh AI Adobe Sensei. Tujuannya adalah untuk menghasilkan editan yang lebih profesional.

4. Storyboard

Storyboard akan mengubah video menjadi foto dengan template seperti buku komik. Muat video ke Storyboard, aplikasi akan secara otomatis memilih frame video yang paling menarik. Usap dari atas ke bawah untuk mendapatkan layout sesuai preferensi Anda. Menurut Google ada sekitar 1.6 triliun kemungkinan berbeda yang bisa dirasakan oleh pengguna.

5. Vizmato

Berbagi konten video di Instagram atau platform media sosial lainnya sudah menjadi tren baru. Untuk membuat video pendek yang menarik, selain bisa mengandalkan Adobe Premiere Clip, Anda juga harus mencoba aplikasi video editor bernama Vizmato.

Ada banyak pilihan efek filter video yang bisa Anda gunakan, tema video, menambahkan musik, teks, ataupun stiker. Anda juga bisa langsung merekam dengan Vismato untuk merekam video slow motion ataupun membuat gambar dalam format GIF seperti Boomerang Instagram.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.