Categories

Mobile

Ambil Foto 360 Derajat Sekarang Bisa Langsung Lewat Aplikasi Facebook

Ada opsi baru berlabel "360 Photo" yang muncul dalam menu Update Status

Glenn Kaonang - 24 August 2017

Facebook mulai menghadirkan dukungan foto 360 derajat secara resmi pada pertengahan tahun lalu. Sejak saat itu, sudah ada lebih dari 70 juta foto 360 derajat yang diunggah oleh pengguna. Jumlah yang terbilang sedikit kalau melihat total pengguna Facebook yang sudah mencapai angka 2 miliar.

Kemungkinan salah satu alasannya adalah selama ini pengguna harus meninggalkan Facebook untuk bisa mengambil foto 360 derajat, baik menggunakan kamera 360 derajat ataupun dengan memanfaatkan fitur panorama pada ponselnya. Kalau live video saja bisa langsung diambil dan disiarkan lewat aplikasi ponsel Facebook, kenapa foto 360 derajat tidak?

Itulah yang baru saja Facebook lakukan. Pengguna sekarang sudah bisa mengambil foto 360 derajat langsung dari aplikasi Facebook sendiri, lalu mengunggahnya secara instan tanpa perlu meninggalkan aplikasi sama sekali.

Cara menggunakan fitur ini terkesan mudah sekali. Tinggal klik tombol untuk Update Status seperti biasa, lalu pilih opsi baru berlabel “360 Photo”. Klik tombol berwarna biru dan mulai mengambil gambar. Setelahnya, pengguna tinggal memilih bagian foto yang ingin dijadikan thumbnail dan klik tombol Share. Yang tak kalah menarik, foto 360 derajat ini rupanya juga bisa dijadikan foto cover pada profil.

Tentunya ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menggunakan fitur ini selain sekadar meng-update aplikasi Facebook ke yang paling baru. Untuk pengguna Android, perangkat mereka haruslah tidak lebih tua dari keluaran 2013 dan menjalankan OS Android minimal versi 4.4. Untuk iOS, Facebook mengisyaratkan versi iOS 8 dan iPhone 5S sebagai batas minimumnya.

Sumber: The Next Web dan Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter