Aplikasi Find It Bantu Kita Mencari Kata Kunci pada Dokumen Fisik Secara Real-Time

Aplikasi Ini Bantu Kita Mencari Kata Kunci pada Dokumen Fisik Secara Real-Time

Tidak seperti pada aplikasi pemindai dokumen kebanyakan, hasil pencariannya langsung muncul secara instan tanpa harus difoto terlebih dulu
Berbeda dari aplikasi document scanner, Find It tidak mengharuskan pengguna memotret teksnya terlebih dulu / Find It Software
Berbeda dari aplikasi document scanner, Find It tidak mengharuskan pengguna memotret teksnya terlebih dulu / Find It Software

Terjemahan kasar augmented reality (AR) adalah “realitas tertambah”. Pada prakteknya, AR banyak digunakan untuk menambahkan informasi langsung di atas objek nyata. Contoh terbaik dari penerapan teknologi AR adalah aplikasi Google Lens, yang salah satu fungsinya adalah untuk membantu menginterpretasi nama masakan asing pada menu sebuah restoran.

Untuk tugas yang spesifik seperti ini, Google Lens memanfaatkan teknologi yang dikenal dengan istilah Optical Character Recognition (OCR). Sekarang, teknologi tersebut juga dimanfaatkan oleh sebuah aplikasi bernama Find It untuk membantu kita mencari berbagai kata kunci dari sebuah dokumen atau buku fisik.

Cara menggunakan Find It terkesan cukup mudah. Cukup arahkan kamera ponsel ke suatu halaman dokumen atau buku, lalu ketik kata kunci yang hendak dicari (bisa langsung beberapa sekaligus). Secara instan aplikasi bakal menggarisbawahi kata kunci yang terdapat pada halaman dokumen sesuai yang kita cari.

Semuanya berlangsung secara real-time, tidak seperti pada mayoritas aplikasi pemindai dokumen yang mengharuskan kita untuk mengambil foto halamannya terlebih dulu. Asalkan teksnya ditulis dalam alfabet Latin, Find It sanggup membacanya, baik itu dalam bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, dan lain sebagainya.

Find It bisa kita anggap sebagai fungsi “Ctrl + F” versi nyata. Di komputer, kita dapat mengaktifkan shortcut itu untuk mencari kata tertentu pada dokumen maupun situs. Find It memungkinkan kita untuk menikmati kemudahan yang sama, tapi untuk teks yang dicetak, bukan teks digital.

Saya bisa membayangkan kegunaan aplikasi ini bagi mereka yang sedang mengerjakan skripsi dan harus meriset sejumlah buku yang dipinjam dari perpustakaan: cari segmen yang hendak diriset lewat daftar isi, lalu cari kata kuncinya menggunakan Find It. Semestinya cara ini jauh lebih menghemat waktu ketimbang harus mencari kata kuncinya secara manual.

Bagian terbaiknya, Find It bisa diunduh dari Google Play Store secara cuma-cuma. Opsi in-app purchase memang ada, tapi itu hanya untuk menghilangkan selipan iklan sesekalinya.

Sumber: Next Reality.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…