Beberapa waktu yang lalu, Google meluncurkan YouTube Go, aplikasi YouTube versi ringan yang dirancang untuk perangkat berbasis Android Go, atau yang memiliki spesifikasi minimalis. Sejak saat itu, hanya soal waktu sebelum Google merilis aplikasi-aplikasi asli lainnya dengan embel-embel Go. Dan benar adanya, karena baru-baru ini raksasa internet itu menggulirkan Gmail Go yang kini sudah mejeng di Play Store untuk diunduh.

Berdasarkan pantauan Dailysocial, aplikasi Gmail Go memang adanya sudah duduk manis di Play Store. Namun saya kesulitan menemukan aplikasi ketika mencoba mencarinya melalui perangkat mobile. Jadi, tampaknya Google masih dalam tahap persiapan sebelum menggulirkan Gmail Go ke seluruh pengguna. Atau bisa jadi karena perangkat yang saya gunakan tidak memenuhi kriteria. Seperti yang diketahui, aplikasi Google seri Go memang dirancang untuk perangkat dengan RAM kurang dari 1GB dan minimal menjalankan Android 8.1 Oreo.

screenshot-play.google.com-2018-02-14-09-25-11

Karena batasan-batasan itulah, angka unduhan Gmail Go baru di rentang 100-500 unduhan dengan satu rating bintang 5. Statistik ini diambil per 14 Februari 2018 pukul 10 WIB. Tapi diyakini akan terus mendaki seiring jangkauannya yang meluas. Meskipun saat ini, tak banyak perangkat yang sudah menggunakan Android 8.1 Oreo, terutama yang sesuai dengan kriteria, yaitu perangkat kelas entry level dengan RAM 1GB.

unnamed

Kemudian jika diperhatikan dari deretan screenshot dan penjelasan di Play Store, tampak Gmail Go masih menawarkan wajah lama Gmail standar. Kemudian dijelaskan bahwa Gmail Go bakal mendahulukan pesan-pesan dari teman dan kolega. Google juga menjamin keamanan pesan, serta masih memberikan dukungan untuk login ke banyak akun meliputi Gmail, Outlook, Yahoo Mail dan IMA/POP. Pengguna Gmail Go juga bakal mendapatkan ruang simpan seluas 15GB secara cuma-cuma.

Sumber berita Gizmochina.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.