Categories

Internet

Aplikasi Gmail untuk Android Kini Mendukung Mode Confidential

Anda bisa mengirim email penting lebih aman dengan mode confidential di aplikasi Gmail Android

Lukman Azis - 20 August 2018

Berkirim email sudah menjadi bagian penting dalam pekerjaan. Bahkan, sebagian perusahaan mengandalkan email sebagai media utama untuk komunikasi dalam bisnis mereka, baik dalam tim maupun ke klien.

Pernahkah Anda diharuskan untuk mengirim email yang berisi file atau informasi yang sangat sensitif? Rasanya agak was-was ya kalau sampai bocor ke orang lain.

Namun bila Anda adalah pengguna layanan Gmail, fitur ini mungkin bisa mengurangi rasa khawatir Anda. Google telah menggulirkan fitur baru yakni mode confidential atau mode rahasia di aplikasi Gmail untuk Android.

Sebagai pengirim email, Anda bisa melindungi email beserta lampirannya dengan menetapkan waktu kadaluarsa - tapi Anda bisa mencabutnya lebih cepat kapan saja. Pilihannya tersedia dalam satu hari, satu minggu, satu bulan, tiga bulan, dan lima tahun.

Tersedia juga opsi untuk membatasi fungsi Gmail pada email yang dikirim, misalnya tidak akan bisa di-foward, copy, print maupun diunduh.

Selain itu, Anda juga bisa memberi passcode. Penerima akan mendapatkan kode sandi melalui SMS. Jadi, pastikan Anda memasukkan nomor telepon penerima.

Berikut cara mengaktifkan mode confidential:

  • Buka aplikasi Gmail di smartphone.
  • Lalu, tulis email baru.
  • Di kanan atas, ketuk lainnya (logo tiga titik) dan pilih mode confidential.
  • Pilih berapa lama waktu email akan kadaluarsa.
  • Terakhir, tetapkan passcode atau tanpa passcode.

Google tetap menghimbau, dengan mengirim email melalui mode confidential - bukan berarti sepenuhnya aman. Jadi, misalnya komputer penerima ternyata memiliki malware, maka malware tersebut mungkin akan tetap bisa meng-copy ataupun mengunduh email berikut lampirannya.

Sumber: Ubergizmo

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter