Dark
Light

Aplikasi Google Calendar Akhirnya Hadir untuk iPhone

1 min read
March 11, 2015

Mengatur jadwal dan agenda secara digital kini bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari smartphone. Ada berbagai layanan kalender yang bisa kita manfaatkan, beberapa aplikasi yang ada antara lain adalah iCloud (dengan aplikasi Kalendernya) dan Google Calendar.

Dalam mengakses layanan-layanan tersebut, kita memerlukan sebuah aplikasi kalender. Tentunya aplikasi kalender bawaan iOS dapat kita gunakan, tetapi ada banyak sekali pilihan aplikasi kalender yang berlabuh di App Store. Salah satunya adalah yang baru saja diluncurkan oleh Google sendiri.

Apa yang menjadi keunggulan utama aplikasi Google Calendar untuk iPhone adalah integrasinya dengan Gmail. Usai meminta izin dari penggunanya, Google Calendar akan memeriksa semua email yang masuk yang mencakup pemesanan tiket pesawat, hotel, konser atau restoran, dan mencantumkannya ke kalender secara otomatis.

Google Calendar for iPhone 02

Google Calendar untuk iPhone juga menawarkan kemudahan dalam membuat entry pada kalender. Fitur ini sejatinya mirip seperti fitur autocomplete saat Anda tengah mengetik, namun rekomendasi yang diberikan bukan cuma untuk judul entry saja, tetapi juga meliputi lokasi dan informasi kontak yang terdapat pada akun Google Anda.

Sayang tidak ada fitur natural language processing seperti yang ditawarkan aplikasi kalender favorit saya, Fantastical.

Info menarik: Apple Umumkan ResearchKit Untuk Kemudahan Riset Kesehatan

Google Calendar for iPhone 03

Fitur unik lain yang ditawarkan Google Calendar untuk iPhone adalah Schedule View. Pengguna dapat melihat jadwal dan agendanya dalam bentuk daftar vertikal yang tampak manis di mata, dimana foto/peta lokasi yang akan dituju maupun ilustrasi dari kegiatan yang akan dijalani turut ditampilkan bersama tiap-tiap entry kalender.

Semua ini dikemas dalam tampilan yang menarik. Google Calendar untuk iPhone telah memakai filosofi Material Design yang mulai diterapkan oleh Google sejak sistem operasi Android 5.0 Lollipop dirilis akhir tahun lalu.

Terakhir dan yang menurut saya tak kalah menarik adalah layanan kalender yang didukung oleh aplikasi Google Calendar untuk iPhone. Pengguna bisa menggunakan berbagai layanan kalender, termasuk iCloud dan Microsoft Exchange, selain layanan kalender milik Google sendiri.

Aplikasi Google Calendar untuk iPhone ini sudah bisa Anda unduh langsung melalui App Store tanpa dipungut biaya. Aplikasi ini telah tersedia untuk pengguna Android, dan Google telah menghadirkan peningkatan atasnya.

Sumber: Gmail Blog via TechCrunch.

Previous Story

Rocket Internet to Shut Down Lamido

Next Story

Lenovo Siap Bikin Kejutan Akhir Maret, Apa Itu?

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan