April lalu, beredar kabar bahwa Google tengah menyiapkan aplikasi khusus podcast untuk perangkat Android. Disampaikan sendiri oleh Zack Reneau-Wedeen selaku Podcasts Product Manager Google, tujuan yang hendak mereka capai adalah mendongkrak jumlah pendengar podcast, yang selama ini memang lebih banyak melibatkan pengguna perangkat iOS.

Pada awalnya, Google hanya memodifikasi tampilan Search ketika pengguna mencari podcast. Namun sekarang aplikasi Google Podcasts akhirnya sudah tersedia secara resmi di Play Store, dan dari tampilannya kelihatan bahwa aplikasi ini merupakan versi yang lebih matang dari inisiatif awal Google tersebut.

Google Podcasts

Fitur standar aplikasi podcast seperti subscription tentu saja tersedia, demikian pula rekomendasi konten berdasarkan hasil analisis AI terhadap riwayat penggunaan, termasuk halnya minat kita terhadap topik maupun jaringan podcast tertentu.

Satu detail yang menurut saya perlu diperhatikan adalah bagaimana tampilan Google Podcasts tak lagi menganut filosofi Material Design seperti aplikasi besutan Google lainnya untuk Android. Kemungkinan gaya desain baru ini juga bakal diimplementasikan ke aplikasi bawaan Android lainnya saat Android P dirilis secara resmi nanti.

Google Podcasts

Tanpa harus terkejut, salah satu fitur andalan Google Podcasts adalah integrasi Google Assistant, yang memungkinkan sinkronisasi podcast antar perangkat. Jadi semisal episode yang Anda dengarkan selagi dalam perjalanan pulang kerja belum selesai, Anda tinggal melanjutkannya di rumah menggunakan speaker Google Home.

Google Podcasts saat ini sudah bisa diunduh di Play Store secara global. Belum ada informasi mengenai ketersediaannya di iOS. Kemungkinan Google tidak begitu memprioritaskannya mengingat iOS punya aplikasi podcast bawaan sendiri.

Sumber: Google.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.