Categories

Mobile

Aplikasi Google untuk Android Simpan Pencarian Anda di Saat Koneksi Internet Kumat

Lalu tampilkan hasilnya secara otomatis ketika koneksi sudah pulih kembali

Glenn Kaonang - 19 January 2017

Meski jaringan 4G LTE telah menyebar luas di tanah air, kualitas jaringan seluler sendiri masih tergolong sulit diprediksi. Sewaktu sinyalnya bagus, koneksi internet memang berjalan lancar sekaligus cepat. Sebaliknya, tidak jarang juga saya mendapati indikator sinyal yang kelihatannya normal, tapi membuka Google pun ngos-ngosan.

Kalau sudah seperti itu, jelas saya tidak jadi melakukan pencarian. Lalu ketika koneksi internet sudah normal kembali, saya pun lupa apa yang tadinya hendak saya ketikkan di search bar Google. Semuanya akibat inkonsistensi jaringan seluler itu tadi.

Namun jangan langsung menyalahkan operator, sebab Google setidaknya bisa sedikit mengobati dengan solusi yang cukup pintar. Caranya dengan menyimpan kata kunci pencarian Anda, lalu menampilkan hasilnya secara otomatis saat koneksi internet sudah pulih kembali.

Fitur ini pun tetap berfungsi dalam posisi airplane mode aktif. Jadi semisal Anda melakukan pencarian dengan kata kunci “weather“, aplikasi Google akan menyimpannya, dan ketika koneksi internet sudah aktif lagi, akan muncul notifikasi bahwa hasil pencarian sudah siap untuk ditampilkan.

Google memastikan fitur ini tidak akan berdampak besar terhadap konsumsi data maupun baterai. Pengguna perangkat Android sudah bisa menikmatinya sekarang juga dengan mengunduh versi terbaru aplikasi Google. Sayang tidak ada informasi apakah fitur ini bakal menyusul ke versi iOS-nya.

Sumber: Google Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter