Aplikasi Harmoni Karaoke Dekatkan Anak dengan Lagu yang Sesuai dengan Usianya

Aplikasi Harmoni Karaoke Dekatkan Anak dengan Lagu yang Sesuai dengan Usianya

shutterstock_71466256
shutterstock_71466256

Musik telah lama diketahui memengaruhi pengembangan kognitif anak, membantu kemampuan berbahasanya, meningkatkan kemampuan belajar, dan perkembangan emosi. Hal yang paling menyenangkan adalah pemanfaatan musik dan lagu sebagai cara yang menyenangkan dalam mendidik anak. Aplikasi Harmoni Karaoke yang sudah tersedia untuk platform iOS dan Android bisa jadi pilihan untuk mengenalkan dan mendekatkan anak kepada lagu-lagu yang sesuai dengan umurnya.

Seperti halnya dongeng anak, lirik lagu anak mengandung nilai-nilai pembelajaran, konsep kejujuran, dan berbagai norma kebaikan. Konsep tersebut bisa ditanamkan dengan cara menyanyi bersama. Ambil saja contoh “Bangun Tidur” lagu anak-anak yang melegenda, punya nilai keseharian dan mengajarkan sebuah rutnitas, kebersihan diri, dan disiplin.

Artoncode berusaha mengakomodasi pembelajaran ini dengan teknologi melalui aplikasi Harmoni Karaoke. Aplikasi ini membantu anak-anak menyanyikan lagu-lagu favoritnya dengan lagu-lagu abadi yang melegenda. CEO Artoncode Indra Gunawan kepada Liputan 6 menyebutkan, “Aplikasi buatan Indonesia untuk anak-anak yang digarap dengan serius sangat jarang. Harmoni Karaoke mengisi kekosongan itu.”

Aplikasi ini sebenarnya sudah dirilis akhir tahun 2013 lalu dengan nama Melodi, namun sempat ditarik oleh App Store di bulan Maret 2014 tanpa alasan yang jelas. Adapun lagu Indonesia yang disediakan di aplikasi ini antara lain Heli, Balonku, Naik-Naik ke Puncak Gunung, Lihat Kebunku, Naik Delman Istimewa, Naik Kereta Api, Anak Gembala, Bintang Kecil, Bangun Tidur, Nina Bobo, Burung Kakaktua, dan Tik Tik Tik Bunyi Hujan.

Harmoni Karaoke juga memuat sejumlah lagu berbahasa Inggris, seperti ABC, Baa Baa Black Sheep, London Bridge, Row, Row, Row Your Boat. Hal ini merupakan bagian usahanya untuk mencoba membawa aplikasi Harmoni Karaoke ke kancah global.

Tersedia fitur video recorder yang memudahkan pengguna untuk merekam sang buah hati yang sedang menyanyi dan membagi hasil rekamannya ke Facebook.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play dan Apple Store.  Harmoni Karaoke, memberikan tiga buah lagu gratis, Heli, Bangun Tidur, dan Naik Kereta Api. Fitur-fitur lagu lain yang diwakilkan gambar lucu yang digembok. Bila di-tap, akan keluar pilihan untuk membeli lagunya. Mata uang yang dipakai untuk membeli lagunya adalah koin.

Item virtual yang bisa dibeli secara in-app purchase ini merupakan model bisnis Harmoni Karaoke. Untuk membeli satu satu lagu yang dipatok seharga 100 koin, konsumen bisa membayar dengan biaya $0.99 (sekitar Rp 11 ribuan). Artoncode sendiri pertengahan tahun ini baru saja mengumumkan perolehan pendanaan dari raksasa media Emtek.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…