21 January 2014

by Bambang Winarso

Aplikasi HERE Transit Mendarat di Nokia Asha

Nokia resmi menghadirkan aplikasi HERE Transit untuk perangkat Nokia Asha, seperti yang dituliskan di situs ConversationsNokia antara lain aplikasi ini hadir untuk model Asha 500, 501, 502 dan 503. Dengan kepastian hadirnya aplikasi ini ke model Nokia Asha, maka HERE Transit resmi lengser sebagai aplikasi ekslusif yang sebelumnya hanya ditemukan di Nokia Lumia.

Sedikit flashback ke tahun lalu, setelah meluncurkan tiga seri Lumia baru yang diperkenalkan di Nokia World Dubai, Nokia juga meluncurkan tiga buah handset baru di bawah seri Asha: 500, 502 dan 503. Ketiganya merupakan tipe varian ‘entry level‘ dengan banderol harga yang sangat bersaing. Asha 500 dibanderol US$ 69, 502 seharga US$ 89 dan Asha 503 diberi harga US$ 99.

 

Info Menarik: Moto G Sudah Siap Dijual di Australia dan Malaysia, Indonesia Kapan?

 

Seri Asha adalah model ponsel yang dianggap mengisi gap antara  feature phone dan smartphone. Namun dengan kemampuan integrasi yang semakin menyerupai sepupu-sepupunya yang lebih ‘cerdas’, maka mungkin reputasi Asha di industri ini akan semakin baik terlebih dengan adanya tambahan HERE Transit, maka bukan tidak mungkin lini produk Nokia Asha berangsur melangkahkan kaki untuk bersaing dengan perangkat yang ada di kelas atas.

Kembali ke HERE Transit, aplikasi ini masih satu rumpun dengan dua aplikasi lain HERE Drive dan HERE Drive+. Ketiganya kerap saling melengkapi guna menghadirkan sistem peta dan pemandu perjalanan via smartphone Lumia. Meskipun tanpa kedua saudara terdekatnya tersebut, HERE Transit tetap merupakan sebuah aplikasi petunjuk jalan yang bisa dikatakan mumpuni.

Fitur-fitur di dalamnya menawarkan kemudahan kepada pengguna untuk merencanakan perjalanan menggunakan transportasti publik.  Memberikan informasi keberangkatan dan kedatangan dari institusi atau perusahaan transportasi, jika tersedia, secara akurat.

 

Info Menarik: Game Android Terpilih 12 – 18 Januari 2014

 

Dengan resmi hadir di Nokia Asha, maka sekarang pengguna ponsel ini bisa merasakan manfaat aplikasi yang sebelumnya hanya ada di perangkat smartphone Lumia. Pengguna Asha dapat mengetahui rute perjalanan baik menggunakan transportasi publik atau rute jalan kaki yang efisien. Selain itu ada juga petunjuk waktu tempuh yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi tertentu. Jika terdapat perubahaan transit, aplikasi ini akan memberikan pemberitahuan secara real time.

Sayangnya pengguna Asha tanah air mungkin belum bisa mencicipi HERE Transit, sebab di peluncuran perdana ini hanya mendukung beberapa negara seperti Amerika, Australia, Kanada, Selandia Baru, Swedia, Inggris, Finlandia, Norwegia, Rusia, Denmark, Hungaria dan Belanda. Lebih buruk, Nokia tidak menyebutkan apakah akan ada penambahan negara lain dalam waktu dekat ini, meski kemungkinan ke arah itu selalu ada. Jadi, bagi pengguna Asha di tanah air jangan berkecil hati jika saat mencoba mengunduh HERE Transit dari Ovi Store tidak menemukan aplikasi ini.

Sumber berita Nokia dan gambar header Nokia.