6 January 2015

by Aditya Daniel

Aplikasi iOS Pilihan untuk Streaming Musik

Siapa sih yang tak suka mendengarkan musik? Kini dengan berkembangnya teknologi digital sudah banyak pilihan cara mendengarkan musik. Mengunduh ataupun mendengarkan musik dengan layanan streaming merupakan beberapa cara menikmati musik dalam keseharian.

Nah, di kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa aplikasi untuk perangkat iOS yang menyediakan layanan streaming musik. Yuk mari kita simak apa saja aplikasinya.

Deezer

 

Salah satu layanan streaming favorit kesukaan saya, cukup dengan mengunduh aplikasinya pada perangkat iOS, pengguna sudah bisa mendapatkan periode trial selama 15 hari. Setelahnya, pengguna bisa berlangganan layanan premiumnya untuk menikmati layanan musik secara tak terbatas dan tanpa adanya iklan.

Fitur mendengarkan lagu ketika tak terhubung pada internet, HQ audio (320kbit/s), integrasi dengan layanan Last.FM, hingga adanya equalizer adalah beberapa fitur lainnya yang Deezer tawarkan pada aplikasinya. Selain pada perangkat iOS, Deezer dapat dinikmati secara gratis lewat web browser.

Download - App Store - Gratis

Spotify

 

Layanan streaming musik yang satu ini memang belum resmi tersedia di Indonesia, namun bagi yang ingin menikmati layanannya, pengguna bisa membeli layanan premium yang kini ditawarkan dengan harga $0.99 selama 3 bulan dalam masa promosi. Aplikasinya yang tersedia di berbagai platform hingga Mac serta fitur sinkronisasi membuat akses ke lagu yang disukai semakin mudah.

Fitur mendengarkan ketika offline, follow artis yang disuka, berlangganan stations yang berisi playlist pilihan juga ada pada Spotify.

Download - App Store - Gratis

Pandora

Serupa dengan layanan sejenis, pengguna bisa berlangganan fitur premiumnya bertajuk Pandora One untuk menikmati layanan streaming musik tanpa iklan. Serta lewat fitur premiumnya, pengguna juga bisa menikmati layanan Pandora lewat web, kualitas audio yang lebih baik, hingga kustomisasi tampilan. Untuk yang tak ingin berlangganan fitur premiumnya, Pandora mengijinkan pengguna untuk membuat hingga 100 stations yang berisi musik pilihannya.

Download - App Store - Gratis

Rdio

 

Dengan lebih dari 30 juta musik yang tersimpan dalam library-nya, pengguna bisa menikmati berbagai macam stations berdasarkan genre atau artis yang disukainya. Seperti layanan streaming musik lainnya, pengguna dapat mendengarkan musik tanpa iklan, mengunduh lagu untuk didengarkan offline serta memilih langsung album ataupun dengan berlangganan layanan premium dari Rdio.

Download - App Store - Download

iTunes Radio

 

Satu lagi layanan streaming yang tak boleh dilewatkan. iTunes Radio merupakan layanan streaming musik yang diperkenalkan oleh Apple belum lama ini. Sayangnya pengguna harus memiliki Apple ID US untuk dapat menikmati layanan iTunes Radio. iTunes Radio tak memiliki aplikasi khusus namun terintegrasi langsung dengan aplikasi musik bawaan pada perangkat iOS. iTunes Radio dapat dinikmati dengan gratis dengan selingan beberapa iklan.

iTunes Radio

 

Tak hanya menghemat ruang penyimpanan pada perangkat iOS, namun layanan streaming musik memberikan fasilitas menikmati lagi yang lebih mudah. Cukup ketik nama artis atau judul lagu maka musik yang diinginkan dapat langsung didengar.

Anda suka menggunakan layanan streaming musik? Layanan apa yang Anda gunakan, share di kolom komentar!

Gambar header: Streaming music via Shutterstock.