Categories

Mobile

Aplikasi Jejaring Sosial Masjidku untuk Masjid di Indonesia

DailySocial - 16 June 2015

Menyambut bulan suci Ramadan umat muslim Indonesia disuguhkan dengan hadirnya aplikasiMasjidku, sebuah aplikasi jejaring sosial yang didesain dan diperuntukkan untuk masjid. Aplikasi yang resmi diluncurkan hari ini tersebut merupakan aplikasi jejaring sosial masjid pertama di Indonesia. Masjidku mencoba memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan komunikasi antara masjid dan jamaahnya dengan menyuguhkan fasilitas penyampaian dakwah, pengelolaan kegiatan keagamaan, serta pelaporan infaq dan shodaqoh secara real-time dan akurat melalui fitur infaq online.

Sama seperti konsep jejaring sosial kebanyakan, Masjidku juga menerapkan konsep follow untuk mendapatkan informasi kegiatan masjid tertentu. Pengguna Masjidku akan menerima push notification untuk semua kegiatan, berita, maupun infaq dari masjid-masjid yang mereka follow. Sedang untuk pengelola masjid, Masjidku memberikan fasilitas untuk mengatur kegiatan dakwahnya, melihat laporan infaq shodaqoh secara real-time, serta membuat dan mengatur publikasi artikel dakwah di halaman masjid yang dikelola.

Di hari peluncurannya ini Masjidku diklaim telah memiliki lebih dari 1.250 pengguna serta 11 masjid yang tergabung dalam jejaringnya. Sebelas masjid tersebut antara lain Masjid Daarut Tauhid Bandung, Masjid Jenderal Sudirman Jakarta, Masjid Jami’ Al-Muqorrobin Jakarta, Masjid Baitul Makmur Boyolali, Masjid Darul Ihsan Bekasi, Masjid Raya Bintaro Jaya Sektor 9, Masjid Emerald Bintaro, Masjid Nuruddin Jombang-Jawa Timur, Masjid Cahyaningati Malang, Masjid Al Muttaqien Malang, dan Masjid Abu Dzar Al Ghifari Malang.

“Sebagai sebuah sarana komunikasi umat, Masjidku bertujuan meringankan biaya operasional yang dikeluarkan oleh masjid untuk komunikasi dan penyiaran informasi. Dengan begitu kami berharap dapat meningkatkan partisipasi dan rasa kepemilikan umat Islam terhadap masjidnya.” ungkap Chief Technology Officer Masjidku Adib Toriq.

Selain fitur jejaring sosial masjid, aplikasi yang sudah tersedia untuk platform Android dan iOS ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya, seperti fitur pencarian masjid terdekat, pendaftaran kajian Islami, informasi seputar dakwah dan kegiatan di masjid, serta laporan kebutuhan dan penggunaan infaq shodaqoh. Selain itu juga ada fitur-fitur lain untuk menunjang pelaksanaan ibadah seperti jadwal sholat, pengingat sholat, dan penunjuk arah kiblat.

Infaq online bekerja sama dengan Artajasa

Dengan aplikasi Masjidku, pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan infaq secara online. Untuk memberikan solusi ini pihak Masjidku telah bekerja sama dengan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa). Melalui kerja sama ini, memungkinkan pengguna untuk menyalurkan infaq-nya melalui ATM BERSAMA milik Artajasa. Dengan mekanisme ini seluruh hasil infaq pengguna yang ditransfer oleh pengguna akan secara langsung masuk ke rekening masjid yang dituju.

“Dalam mendukung layanan tersebut, Artajasa telah menyiapkan mekanisme pembayaran melalui transfer yang terintegrasi dengan layanan ATM BERSAMA. Mekanisme pembayaran ini dinamakan Transfer For Payment (TFP) dan dapat dimanfaatkan oleh institusi perbankan maupun non perbankan seperti Masjidku.” jelas Bayu Hanantasena, Direktur Artajasa.

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Prayogo Ryza. Gambar header: Istiqlal via Shutterstock.  

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter