Listicles

7 Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Offline Android Terbaik

Beberapa aplikasi kamus offline yang bisa kamu gunakan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris-mu.

Kamu ingin belajar Bahasa Inggris namun terkendala koneksi internet? Tenang, kamu tetap bisa belajar menggunakan kamus Bahasa Inggris secara offline.

Dengan cara tersebut, kamu bisa belajar Bahasa Inggris di mana saja, bahkan saat berada di daerah terpelosok minim sinyal.

Nah, artikel ini hadir untuk memberikan rekomendasi aplikasi kamus Bahasa Inggris offline terbaik untuk smartphone

Android. Kabar baiknya, semua aplikasi ini gratis, loh! Yuk simak masing-masing keunggulannya!

Google Translate

Yang pertama mungkin kamu sudah sangat mengenalnya, yaitu Google Translate. Tools dari Google ini mulanya hanya bisa digunakan secara online. Namun, saat ini kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store atau App Store di smartphone­-mu agar bisa menggunakannya secara offline.

Namun, sebelum menggunakannya secara offline, kamu perlu mengunduh terlebih dahulu kedua bahasa yang akan digunakan untuk menerjemahkan kata, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tak hanya kata, kamu juga bisa menerjemahkan audio, foto, tulisan tangan, bahkan percakapan secara langsung.

Detail aplikasi dan spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk mengunduh Google Translate.

Google Translate juga akan memberikan rekomendasi untuk membenarkan kalimat atau bahasa yang akan kamu terjemahkan. Misalnya, kamu salah menulis “happend”

lalu Google Translate akan memberi koreksi biru di bawah “Did you mean: happened”.

Lalu, misalnya kamu menerjemahkan “happened”

di atas dari Bahasa Indonesia, maka Google Translate akan merekomendasikan “Translate from: English”.
Mudah bukan?

Download

aplikasi Google Translate di sini.

iTranslate

Kemudian ada iTranslate. Jangan terkecoh dengan namanya ya, karena aplikasi ini bisa juga digunakan di smartphone Android. Mirip seperti Google Translate, kamu juga harus mengunduh bahasa tertentu sebelum bisa digunakan secara offline.

Detail aplikasi dan spesifikasi preangkat yang dibutuhkan untuk mengunduh iTranslate.

Namun, aplikasi yang mengusung konsep translator ini bisa dibilang lebih advanced dari Google Translate karena ia menawarkan beberapa fitur pro seperti terjemahan foto yang lebih kompleks, seperti menu, tanda, simbol, dan sejenisnya.

Selain itu, melalui fitur pro, iTranslate juga menyediakan konjugasi kata kerja sesuai tenses dan bisa mengubah audio berdasarkan dialek bahasa tertentu.

Download

aplikasi iTranslate di sini.

U-Dictionary

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi kamus Bahasa Inggris-Indonesia yang lebih menarik, kamu bisa menggunakan U-Dictionary. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer asal Hongkong, Talent Education Inc. dan kurasi bahasanya mengadopsi Oxford Dictionary.

Beda dengan Google Translate yang merupakan fitur tambahan dari Google, aplikasi ini fokus mengembangkan banyak fitur menarik yang bisa digunakan untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris-mu, seperti “Word Games”, fitur video dan kuis, hingga “Native Examples”.

Detail aplikasi dan spesifikasi preangkat yang dibutuhkan untuk mengunduh U-Dictionary.

Kamu juga bisa menandai kata-kata yang penting dengan bookmark melalui fitur “My Words”. Selain itu, U-Dictionary juga memiliki fitur Grammar Check, mirip seperti Google Translate yang bisa mengoreksi kesalahan susunan bahasa dari kalimat tertentu.

Download

aplikasi U-Dictionary di sini.

Kamus Inggris (Kamusku)

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi kamus Bahasa Inggris yang simpel, kamu perlu mencoba Kamus Inggris (Kamusku) yang dikembangkan oleh developer Indonesia, Kodelokus Cipta Aplikasi. Konsep aplikasi ini spesifik pada kamus Indonesia-Inggris sehingga bahasa yang tersedia hanya dua saja.

Detail aplikasi dan spesifikasi preangkat yang dibutuhkan untuk mengunduh Kamusku.

Jadi, aplikasi Kamus Inggris (Kamusku) ini mirip seperti kamus Indonesia-Inggris yang diubah bentuknya secara online. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur sinonim dan antonym untuk memperluas perbendaharaan katamu.

Download

aplikasi Kamus Inggris (Kamusku) di sini.

Merriam-Webster Dictionary

Kalau kamu merasa kemampuan Bahasa Inggris-mu telah meningkat, kamu bisa menggunakan Merriam-Webster Dictionary, kamus Bahasa Inggris yang hadir sejak 1828. Mirip seperti KBBI, Merriam-Webster Dictionary menyuguhkan kosakata Inggris beserta pengertiannya.

Fitur utama aplikasi ini mirip seperti Google Translate, seperti adanya pengucapan audio, integrated thesaurus yang memunculkan sinonim dan antonim, penerjemahan melalui audio, hingga contoh kata dalam kalimat untuk menunjukkan konteks.

Detail aplikasi dan spesifikasi preangkat yang dibutuhkan untuk mengunduh Merriam-Webster Dictionary.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga mencoba mengembangkan fitur-fitur menarik agar tak dipandang sebagai kamus biasa. Salah satunya yaitu “Word of The Day” untuk mendorong pengguna belajar satu kata setiap harinya. Ada pula kuis menarik untuk mengecek kemampuan kosakatamu.

Download

aplikasi Merriam-Webster Dictionary di sini.

Livio – English Dictionary Offline

Pada dasarnya, aplikasi Livio ini mirip seperti Merriam-Webster yang menyajikan kosakata Bahasa Inggris beserta definisinya. Namun, banyak pengguna yang memberikan ulasan bagus di Google Play dan dikenal sebagai aplikasi yang user-friendly.

Pasalnya, Livio memberi kebebasan bagi penggunanya untuk menyesuaikan tampilan sesuai selera, mulai dari jumlah kata yang tersimpan di history, ukuran font, bahkan spacing. Selain itu, ada fitur unik pula yang dimiliki Livio, yaitu “Fuzzy Search”.

Detail aplikasi dan spesifikasi preangkat yang dibutuhkan untuk mengunduh Livio.

Dengan fitur tersebut, kamu bisa mencari penggunaan yang spesifik dari sebuah kata. Misalnya, kamu hanya ingin mencari kata “Draft” tapi hanya sebagai kata benda saja, bukan kata kerja. Livio juga menyediakan fitur “Random Search” untuk mengasah kosakata Inggrismu.

Download

aplikasi Livio di sini.

Dictionary.com

Aplikasi satu ini juga tak kalah menarik. Dictionary.com memiliki fitur utama layaknya kamus Bahasa Inggris seperti Merriam-Webster dan Livio. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur menyenangkan seperti “Word Puzzle” “Wordplay”, hingga “Word of The Day”.

Detail aplikasi dan spesifikasi preangkat yang dibutuhkan untuk mengunduh Dictionary.com

Selain itu, Dictionary.com juga memiliki fitur unik seperti “Grammar Help” di mana kamu bisa mendapatkan tips-tips penggunaan grammar yang benar, hingga penerapannya dalam kalimat. Kamu juga bisa menikmati fitur ekslusifnya seperti ensiklopedia, idiom dan frasa, kosakata medis dan sains dengan melakukan Upgrade App.

Download

aplikasi Dictionary.com di sini.

Itu tadi 7 aplikasi kamus Bahasa Inggris offline terbaik untuk smartphone Android. Bagi kamu pengguna iOS, jangan khawatir!

Beberapa aplikasi di atas juga bisa diunduh melalui App Store, kok, seperti Dictionary.com, iTranslate, Kamusku, U-Dictionary, dan Merriam-Webster. Selamat berselancar!

Sumber gambar header: Unsplash

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter