9 December 2014

by Aditya Daniel

Aplikasi Keyboard Pilihan di iOS 8

Semenjak Apple membuka API terhadap default keyboard pada iOS 8, semakin banyak aplikasi yang dirilisi dengan tujuan untuk memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi ataupun mengganti keyboard yang ada di iOS 8.

Sebelumnya saya juga pernah membahas beberapa aplikasi keyboard pilihan untuk iOS 8. Nah, di artikel kali ini saya akan melanjutkan kembali untuk membahas beberapa aplikasi keyboard yang dapat digunakan bagi pengguna perangkat iOS, khusunya iOS 8.

Tak hanya kustomisasi dari segi tampilan namun juga adanya beberapa aplikasi yang menambahkan fungsi tambahan seperti autotext, prediksi kata dan masih banyak lagi. Ini dia daftarnya:

TouchPal Keyboard

Dengan swipe-based input, TouchPal juga memiliki fitur prediksi kata, tema untuk mempercantik tampilan keyboard hingga adanya pilihan hingga lebih dari 800 emoji pada aplikasinya. Dengan teknologi TouchPal Curve®, pengguna kini cukup menggeser jarinya antar huruf dan TouchPal akan membantu dengan prediksi kata yang diinginkan.

Download - TouchPal - Gratis

Crimson Keyboard

Bagi yang pernah menggunakan perangkat Blackberry dengan OS 10 pasti tak asing dengan tampilan keyboard yang satu ini. Pasalnya tampilan serta fitur prediksi yang ada mirip dengan keyboard pada Blackberry OS 10.

Crimson Keyboard tak menampilkan prediksi kata menggunakan tambahan baris di atas keyboard seperti pada default keyboard iOS 8 namun hadir diatas huruf pada keyboard mirip fitur prediksi kata di Blackberry 10. Tak hanya itu, Crimson Keyboard juga menyediakan tema bahkan fitur dark mode.

Download - App Store - Rp. 23 Ribu

Better Fonts Free

Bosan dengan tampilan font Helvetica Neue di iOS? Coba aplikasi yang satu ini, Better Fonts dapat mengubah font pada default keyboard ke lebih dari 100 macam font pilihan lainnya. Mengetik huruf terbalik, huruf dalam lingkaran hingga autoteks seperti yang dulu sempat ramai di era Blackberry kini bisa!

Download - App Store - Gratis

TextExpander 3 + Custom Keyboard

Bosan menuliskan kembali alamat email, nomor telepon, atau alamat rumah yang panjang? Cukup buat snippets dengan singkatan yang diinginkan dan ketik menggunakan keyboard dari aplikasi TextExpander 3, maka otomatis kata tersebut akan berubah menjadi isi snippets yang telah dibuat tadi. Simak video penggunaannya di sini.

Download App Store - Rp. 59 Ribu.

Themeboard

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang khusus bagi mereka yang gemar memodifikasi tampilan keyboard-nya. Dengan berbagai pilihan tema yang tersedia mulai dari yang berbayar maupun gratis pengguna bisa memilih tampilan keyboard yang disukainya.

Tak hanya itu, bagi desainer grafis yang ingin berbagi karyanya dalam mengkustomsisai keyboard pada perangkat iOS.

Download - App Store - Gratis

Itu dia beberapa informasi tambahan tentang aplikasi keyboard untuk iOS 8 yang bisa dicoba. Aplikasi keyboard pilihanmu masih belum ada dalam daftar di atas? Sampaikan melalui kolom komentar ya!

Gambar header: iOS via Shutterstock.