Categories

Mobile

Aplikasi Keyboard Swype Resmi Pensiun

Nuance telah mengonfirmasi penghentian layanan Swype untuk Android dan juga iOS

Bambang Winarso - 21 February 2018

Setelah lebih dari tiga tahun berpetualang di App Store, pengembang Nuance memutuskan untuk menghentikan kiprah aplikasi Keyboard Swype untuk perangkat iOS dan Android.

Nuance dikabarkan telah memberikan jawaban langsung kepada pengguna Reddit dan mengkonfirmasi kepada XDA Developers, bahwa pihaknya telah mengakhiri pengembangan Swype Keyboard + Dragon Dictation for Android.

"Nuance tidak akan lagi memperbarui keyboard Swype + Dragon untuk Android. Mohon maaf kami meninggalkan bisnis keyboard langsung-ke-konsumen, namun perubahan ini diperlukan agar kami dapat konsentrasi penuh untuk mengembangkan teknologi AI untuk dijual langsung ke bisnis."

Nuance sekarang disebut akan memfokuskan sumber dayanya untuk mengembangkan dan menjual produk lainnya, seperti Dragon Medical yang memungkinkan dokter mendikte catatan guna keperluan entri data yang lebih cepat.

Banyak yang telah berubah sejak Swype diluncurkan pertama kali. Tapi, sejak saat itu pula persaingan di kategori papan ketuk sentuh juga semakin ketat. Dan, tak bisa dielakkan bahwa aplikasi keyboard yang dihadirkan secara default di smartphone juga sudah jauh lebih baik dari waktu ke waktu. Situasi ini menyebabkan lebih banyak orang merasa tak perlu memasang aplikasi keyboard dari pihak ketiga.

Jadi cukup masuk akal jika Nuance lebih memilih untuk keluar dan menutup pengembangan Swype, startup yang mereka akuisisi beberapa tahun yang lalu. Kemudian mengalihkan fokus pada pasar bisnis yang lebih menguntungkan.

Sedihnya, kehilangan Swype tampaknya tak akan banyak berpengaruh pada pengguna Android ataupun iOS. Sebab saat ini ada banyak sekali aplikasi keyboard pihak yang tak kalah bagus, seperti Gboard, SwiftKey, Fleksy, Grammarly, dan lainnya. Dalam hal fungsi, SwiftKey adalah aplikasi yang paling mendekati dengan kemampuan swipe-to-text milik Swype.

Sumber berita XDA-Developer dan gambar header Redmondpie.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter