23 March 2016

by Bambang Winarso

[Rumor] Google Bakal Rilis Aplikasi Keyboard untuk iOS

Kabarnya aplikasi ini sudah digodok selama beberapa bulan dan dilengkapi fungsionalitas pencarian

Persaingan merupakan salah satu indikasi bahwa bisnis tersebut dalam kondisi sehat. Kita bisa lihat bagaimana Android dan iOS saling berjibaku namun keduanya tetap hidup “layak” berdampingan. Tak heran bila Google yang notabene empunya Android, tetap bersedia menyediakan aplikasi pendukung untuk pengguna iOS.

Dan menurut kabar dari orang yang dekat dengan sumber disebutkan bahwa Google sedang menggarap aplikasi keyboard pihak ketiga yang dirancang untuk perangkat iOS. Bukan aplikasi keyboard biasa, aplikasi ini katanya bakal dilengkapi dengan fungsionalitas pencarian. Pengembangannya sendiri dikatakan sudah berjalan sejak beberapa bulan yang lalu, bertujuan untuk menarik lebih banyak pengguna Google search dari perangkat berbasis iOS.

Masih menurut sumber yang sama, aplikasi keyboard tersebut nantinya bakal mempunyai sederet fitur menarik. Di antaranya fitur input ketikan berbasis gesture seperti ditawarkan oleh Swype. Kemudian ada fitur pencarian web yang disematkan di balik logo Google, serta pencarian gambar dan GIF.

Tak disinggung bagaimana wujud aplikasinya, namun kemungkinan besar ia tak akan banyak berbeda dari penampilan aplikasi keyboard untuk platform Android yang sekarang ada. Sayangnya belum ada kepastikan kapan Google akan merealisasikan rencananya itu.

Google bukan satu-satunya perusahaan kelas atas yang berkeinginan membawa aplikasi keyboard ke platform iOS. Sebelumnya, Microsoft pun santer diberitakan bakal menghadirkan aplikasi serupa untuk iPhone.

Rencana ini bisa jadi benar tapi bisa juga hanyalah sebuah rencana tanpa realisasi. Pasalnya, aplikasi keyboard tampaknya tak terlalu diminati oleh pengguna iOS mengingat munculnya berbagai masalah mulai dari performa yang lambat, crash saat digunakan, dan bugs lainnya.

Sumber berita Theverge dan gambar header Pixabay.