1. Startup

Permudah Konsultasi dan Pesan Antrean Dokter, SehatQ Luncurkan Aplikasi

Telah rangkul lebih dari 2000 dokter yang terdaftar di hampir 300 fasilitas kesehatan

Platform healthtech SehatQ secara resmi telah merilis aplikasi. Sejak didirikan satu tahun yang lalu, mereka mengoperasikan layanan melalui website. Aplikasi tersebut hadir dengan dua fitur utama yakni Chat Dokter dan Booking Dokter, serta tersedia dalam dua versi, Android dan iOS.

Di fase awalnya, SehatQ fokus pada konten kesehatan, mulai dari artikel hingga ensiklopedia penyakit dan obat-obatan. Secara total saat ini ada 1165 direktori penyakit, 2196 konten, 6979 direktori dokter, dan 2127 daftar layanan kesehatan.

"SehatQ menawarkan konsep Sehat dalam genggaman, apapun kebutuhan kesehatan pengguna dapat diakses melalui satu aplikasi. Dimulai dari pencarian informasi kesehatan, chat dengan dokter, hingga layanan booking dokter jika akan berobat ke rumah sakit atau klinik," kata Founder & CEO SehatQ Linda Wijaya.

Sebelumnya, Chat Dokter SehatQ tersedia di website dengan fitur yang lebih terbatas. Data sepanjang Juni-September 2019 menggambarkan bahwa mayoritas penggunanya memanfaatkan layanan untuk berkonsultasi tentang keluhan-keluhan ringan dan cara mengatasinya. Meski demikian, kelompok pengguna lain, yaitu sebanyak 36%, membutuhkan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter.

Kini melalui fitur Chat Dokter di aplikasi, pengguna dapat berkonsultasi secara realtime dengan tim dokter SehatQ yang berpengalaman. Berbeda dengan aplikasi lainnya, SehatQ mengklaim bukan hanya untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan, namun untuk mendampingi pengguna menerapkan gaya hidup sehat.

Sementara itu pada fitur Booking Dokter, pengguna dapat memilih dan memesan jadwal kunjungan ke lebih dari 8000 dokter masuk dalam daftar SehatQ. Dari jumlah tersebut SehatQ mencatat baru sekitar 2000 dokter yang sudah menjadi mitra di hampir 300 fasilitas. Target SehatQ ke depannya ingin menambah jumlah jaringan mitra layanan kesehatan.

"Bagi rumah sakit dan klinik, fitur Booking Dokter bisa membantu penjadwalan pasien rawat jalan sehingga layanan untuk pasien lebih baik dan efisien," kata Linda.

Demografi pengguna

Dari beberapa pembahasan yang ditawarkan kepada pengguna, SehatQ mencatat terdapat 5 topik yang paling banyak dicari. Di antaranya kesehatan kulit, seks dan kesehatan organ reproduksi, gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, dan kesehatan mental.

More Coverage:

Untuk demografinya, 60% pengguna SehatQ adalah perempuan dan 40% adalah laki-laki. Dari kategori usia kebanyakan adalah kalangan milenial sekitar 77%.

"Berdasarkan temuan-temuan di atas, SehatQ berharap dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan menawarkan layanan yang lebih baik ke depannya melalui fitur-fitur yang lebih beragam," kata Linda.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again