20 February 2014

by DailySocial

Aplikasi Logbook Travel Kini Telah Hadir di Android

Tak perlu waktu lama setelah peluncuran pertama kalinya pada akhir 2013 lalu, aplikasi mobile bagi pecinta plesiran Logbook Travel belum lama ini baru saja luncurkan aplikasinya untuk platform Android. Dengan menghadirkan fitur yang serupa dengan versi iOS yang telah lebih dahulu hadir, Logbook Travel berupaya untuk memperluas jangkauan pasar.

Dikembangkan oleh developer lokal MobileForce, Logbook Travel versi Android hadir membawa fungsi yang sama yakni untuk membuat sebuah catatan perjalanan langsung dari perangkat mobile. Jika belum sempat mencobanya, catatan perjalan yang dimaksud adalah catatan yang dapat dibagikan kepada seluruh pengguna, mulai dari estimasi biaya perjalanan, rekomendasi penginapan dan lokasi menarik, serta hal akomodasi lainnya yang tentu bermanfaat bagi pengguna lain yang ingin merencanakan perjalanan ke suatu tempat.

Untuk menyempurnakan fungsi serta konsep yang ditawarkannya tersebut, aplikasi Logbook Travel versi Android hadir dengan antarmuka yang ditampilkan secara apik serta navigasi yang mudah. Ketika memasuki aplikasi yang dapat diperoleh secara gratis pada Google Play Store ini, pengguna langsung dihadapkan pada halaman depan yang berisi kumpulan catatan perjalanan yang telah dibagi oleh sesama pengguna, lengkap dengan lokasi tujuan wisata beserta dengan pengalaman estimasi biaya dari banyak pengguna.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tak ada perbedaan yang cukup mendasar pada aplikasi Logbook Travel baik dari versi iOS maupun Android. Mengenai kehadirannya di platform Android, Idham Aulia, co-founder Logbook Travel, sempat mengatakan kepada DailySocial kehadiran aplikasi bentukannya tersebut di platform Android berdasarkan tujuan bahwa ingin memperluas jangkauan pasar dari platform yang populer tersebut.

“Kami meluncurkan Logbook Travel versi Android untuk menggapai pengguna Android yang bertumbuh sangat pesat di Indonesia,” ungkapnya. Selain itu, ia juga menambahkan sejak pertama kali diluncurkan demand yang tinggi dari banyak pengguna juga mendasari mengapa aplikasi yang dibawah naungan PT. Indiscoveria Jelajah Nusantara  ini diluncurkan pada Android. “Banyak permintaan dari komunitas traveling untuk kami meluncurkan Logbook Travel versi Android,” tandas Idham.

Menurut Idham, aplikasi yang dikembangkannya tersebut tengah mengalami perkembangan yang cukup pesat, diikuti dengan data perolehan yang diungkapkan kepada DailySocial. Sejak peluncuran pertama kalinya pada medio Desember 2013 kemarin, aplikasi Logbook Travel telah berhasil menjaring 1.223 pengguna dalam kurun waktu dua bulan. Begitu pula dengan persebaran konten di dalamnya yang hingga saat ini tercatat ada kurang lebih sekitar 250 perjalanan yang diceritakan oleh pengguna Logbook Travel yang disertai dengan 2.033 foto yang diunggah. Perlu diingat, perolehan tersebut hanya melalui Logbook Travel versi iOS.

Setelah berada pada dua sistem operasi yang populer, bukan hal yang sulit jika nanti di kemudian hari aplikasi Logbook Travel ini akan memiliki data perolehan yang meningkat lebih cepat, mengingat “kekuatan” dari platform Android memiliki rentang kelas pengguna yang sangat luas di Indonesia. Bagaimana dengan kehadirannya pada platform lain? Ketika ditanyakan hal tersebut, Idham mengakui ia dan segenap tim hingga saat ini belum ada rencana menghadirkan Logbook Travel pada platform lain seperti Windows Phone dan juga BlackBerry.

[ilustrasi foto: Logbook]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro.