30 January 2015

by Oki Rosgani

Aplikasi Microsoft Office Resmi Mendarat di Tablet Android

Microsoft baru saja merilis resmi aplikasi Microsoft Office untuk perangkat Android, setelah sebelumnya hadir dalam versi Preview atau percobaan.

Kini paket aplikasi pengolah dokumen yang terdiri dari aplikasi  Microsoft Word, Excel dan PowerPoint itu hadir dalam versi final untuk perangkat tablet Android.

Aplikasi office besutan Microsoft itu kini telah resmi hadir dan tersedia untuk diunduh secara gratis melalui halaman Google PlayStore, namun ketiga aplikasi tersebut memang lebih ditujukan untuk perangkat tablet yang memiliki layar lebih besar.

Sebelumnya, Microsoft telah meluncurkan aplikasi serupa untuk perangkat tablet iPad besutan Apple yang berjalan menggunakan platform iOS, dan kini aplikasi yang sama hadir untuk perangkat Android dengan tampilan yang sangat mirip dengan aplikasi Microsoft Office untuk platform iOS.

Saat membuka aplikasi Microsoft Office tersebut, Pengguna Android disuguhkan pada pilihan apakah mereka akan membuka file yang pernah dibuka sebelumnya (Open Recent Document) atau mencari file (Browse) dari layanan penyimapanan Microsoft OneDrive atau Dropbox. Pengguna juga diharuskan memiliki akun Microsoft untuk mengoptimalkan semua fiturnya.

 

Info menarik: Sambangi Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Resmi Samsung Galaxy A3 dan Galaxy A5

 

Pilihan template juga tersedia untuk memudahkan pengguna saat ingin membuat file baru, sama seperti file template yang terdapat pada versi desktop, Anda diberikan keleluasaan untuk meng-edit dan mengubah layout serta konten dari template yang telah disediakan.

Bagi Anda pengguna perangkat Android jangan dulu percaya diri untuk menginstal aplikasi ini di smartphone Android Anda, karena pihak Microsoft membatasi aplikasi ini hanya dapat berjalan pada perangkat Android dengan ukuran layar 7 inci hingga 10.1 inci saja, perangkat tablet tersebut juga disarankan untuk memiliki ruang memory minimal 1GB atau lebih agar aplikasi dapat berjalan lebih optimal dan perangkat tablet tersebut juga harus diotaki dengan prosesor berbasis ARM.

Dalam pengumuman resminya juga disebutkan bahwa untuk perangkat 10.1 inci ke atas akan membutuhkan langganan Office 365. Saat ini versi yang tersedia dioptimiasi adlaah untuk perangkat dengan OS Android 4.4 KitKat, sedangkan yang menggunakan OS Android 5.0 Lollipop masih tetap bisa menggunkan aplikasi-aplikasi ini namun tidak didukung secara resmi. Jadi kemungkinan fitur atau pengalaman penggunaannya tidak akan sebaik di KitKat.

Microsoft juga menyebutkan bahwa untuk perangkat tablet Android dengan chip Intel akan tetap didukung, dengan implementasi native yang akan tersedia nanti.

Sumber: AndroidCentral  | Gambar Header: Blog Office.