Categories

Mobile

Aplikasi Mimicker Alarm dari Microsoft Ingin Bangunkan Anda Lewat Mini Game

Anda harus menyelesaikan mini game tersebut kalau ingin alarm benar-benar mati

Glenn Kaonang - 22 January 2016

Sebagian besar dari kita pasti pernah merasa sebal dengan alarm smartphone yang berbunyi begitu kencangnya di pagi hari. Niatnya minta dibangunkan, kita malah menekan tombol Snooze selagi mengutuk smartphone kesayangan. Kalau kebiasaan menekan tombol Snooze ini terus dilanjutkan, pastinya kita akan sering terlambat beraktivitas setiap harinya.

Tim developer kreatif dari Microsoft Garage tampaknya punya solusi menarik untuk membuat kinerja alarm smartphone jadi lebih efektif. Mereka merilis sebuah aplikasi Android bernama Mimicker Alarm. Aplikasi ini sangat unik dan sangat berbeda dari aplikasi alarm pada umumnya.

Secara garis besar, ia mengemas sederet fitur yang biasanya terdapat pada aplikasi alarm smartphone secara umum. Akan tetapi yang sangat unik adalah cara Mimicker Alarm membangunkan pengguna, yakni dengan memanfaatkan salah satu dari tiga mini game yang bisa dipilih.

Jadi semisal ia berbunyi di pagi hari, pengguna masih bisa menggeser layar untuk mematikan alarm. Namun ia sebenarnya tidak benar-benar mati, pengguna akan diberi waktu 30 detik untuk menyelesaikan sebuah tantangan. Kalau permintaan itu tidak dipenuhi, aplikasi akan menganggap pengguna tidur kembali dan ia siap berdering kencang lagi dalam beberapa menit ke depan.

Tiga mini game atau tantangan yang dimaksud adalah "Express Yourself", "Color Capture" dan "Tongue Twister". Pengguna memilih mini game apa yang mereka ingin hadapi setiap paginya, dan pengguna hanya perlu menyelesaikan satu game saja untuk bisa mematikan alarm secara penuh.

Dalam Express Yourself, pengguna akan diminta untuk mengambil foto selfie dengan ekspresi-ekspresi wajah tertentu. Guna mengenali ekspresi wajah secara akurat, Mimicker Alarm memanfaatkan Emotion API hasil pengembangan salah satu tim Microsoft, Project Oxford. Dengan kata lain, Anda tak bisa mengibuli aplikasi yang meminta raut wajah bahagia dengan sekedar raut wajah netral selagi mata masih terbuka setengah.

Dalam Color Capture, pengguna akan diminta untuk mencari objek dengan warna tertentu lalu memotretnya. Mini game yang satu ini dijamin akan membuat Anda terbangun, terutama ketika tidak ada objek di dalam kamar dengan warna yang dimaksud, sehingga Anda pun harus beranjak dari ranjang dan bergegas mencari objek dengan warna yang sesuai di ruangan lain.

Terakhir, Tongue Twister akan menguji keterampilan berbahasa Inggris Anda secara lisan dengan kalimat-kalimat yang sengaja dibuat untuk 'memelintir' lidah. Dalam posisi normal saja kalimat-kalimat ini mungkin sudah sangat sulit diucapkan, apalagi dalam posisi bangun tidur.

Kalau Anda menginginkan alarm yang bisa lebih efektif membangunkan Anda, silakan unduh Mimicker Alarm langsung lewat Google Play, gratis.

Sumber: Microsoft Blog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter