1. Entrepreneur

Aplikasi Mind Mapping Android dan PC Pilihan Terbaik

Dalam dunia pendidikan atau dunia kerja, mind mapping bisa dikatakan sebagai salah satu kegiatan yang biasa dilakukan. Dengan mind mapping inilah sebuah gagasan yang utama bisa diorganisir dengan lebih baik.

Kemampuan dalam mengatur gagasan menjadi skill merupakan hal terpenting yang harus dimiliki para pelajar maupun pekerja. Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yaitu aplikasi mind mapping android misalnya untuk mempermudah gagasan Anda.

Download Aplikasi Mind Mapping Android dan PC

Terkadang di saat banyak ide atau gagasan yang  muncul di kepala pasti membuat Anda lupa untuk menuliskannya sehingga di saat memerlukannya Anda sudah tidak mengingatnya lagi akan ide atau gagasan yang muncul tadi, akan tetapi terkadang untuk mengingatnya saja tidak cukup karena Anda perlu berbagi dan memvisualisasikan ide Anda  tersebut kepada orang lain. Tapi kali ini Anda tak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah banyak aplikasi mind mapping yang bisa memetakan semua ide-idemu kedalam bentuk visual dengan mudah.

Aplikasi mind mapping sendiri adalah latihan kreatif yang dimulai ketika Anda menuliskan ide atau tema sentral, kemudian Anda menggambar garis yang bercabang menjadi node atau jaringan masing-masing dengan kata atau ide yang baru yang mana terkait dengan yang pertama. Berikut ini ada beberapa  rekomendasi aplikasi mind mapping android yang bisa menjadi pilihan Anda untuk memetakan kreasi atau idemu.

LucidChart

Aplikasi LucidChart sangat mampu menyediakan semua jenis kebutuhan mind mapping baik dari segi diagram alur sederhana, hingga diagram kompleks. Bahkan aplikasi ini mempunyai banyak template untuk Anda memulai membuat mind mapping, sehingga lebih mudah untuk membuat diagram profesional dan berkolaborasi dengan tim.

Bahkan aplikasi ini memiliki banyak fitur yang  sangat hebat seperti kolaborasi real-time, manajemen perubahan dan history, manajemen tim dan akses. Aplikasi  untuk android ini sudah terintegrasi dan sangat membantu dalam membuat kerja tim menjadi lebih mudah.

Bukan hanya disitu saja aplikasi LucidChart juga memiliki fitur kuat lain, yaitu kemampuannya dalam menghubungkan data dan menyatukan data pengguna dimana mampu menghubungkan bentuk dan diagram yang Anda buat ke data lalu langsung disimpan dalam spreadsheet. Sehingga setiap perubahan yang dibuat pada data langsung yang ada di spreadsheet akan secara otomatis terlihat dalam bagan dan diagram si penggunanya. Hal Ini tentu saja menghemat banyak waktu dan pekerjaan manual yang tidak Anda inginkan.

Canva

Aplikasi mind mapping android selanjutnya adalah Canva. Merupakan aplikasi desain grafis berbasis android yang juga bisa Anda gunakan untuk membuat mind map. Dilengkapi dengan template dan toolset yang siap untuk Anda gunakan.

Anda juga  bisa membuat mind map sesuai dengan selera dan keinginan dan apabila Anda membuat akun gratis di Canva Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 1 GB dan akses ke 8000 template untuk mengunggah gambar serta berkolaborasi dengan 10 orang temanmu.

Juga Aplikasi Canva akan menampilkan berbagai macam template mind map yang berbeda-beda. Sehingga  Built-in tools yang telah disediakan oleh Canva akan memudahkan Anda untuk mengedit foto, dan  menyesuaikan teks serta latar belakang di mind map yang akan Anda buat. Untuk unduhan mind map yang disediakan oleh Canva adalah PNG, JPEG, dan PDF.

Coggle

https://youtu.be/iL40u0uNYa8

Coggle adalah aplikasi mind map yang bisa membuat berbagi flowchart. Bahkan aplikasi ini memungkinkan Anda  dan temanmu berkolaborasi dalam membuat catatan, brainstorming ide dan rencana untuk menyelesaikan suatu tugas atau proyek dengan sangat efisien.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Coggle, Anda cukup membuat akun gratis dan Anda sudah bisa menikmati layanan membuat diagram privat dan dalam kolaborasi secara langsung, Anda dapat  mengunggah gambar tanpa batas.

Nantinya Anda bisa mengunduh mind map buatanmu dalam format TXT, PDF, dan JPEG, Bukan hanya itu saja Anda  juga dapat memformat teks, menyisipkan tautan, menambahkan gambar, dan ikon untuk menguraikan poin-poin utama, dan Anda bisa melanjutkan dengan menambahkan cabang sebanyak yang Anda inginkan sesuai kebutuhan.

Sketchboard

Sketchboard merupakan aplikasi serupa seperti  papan tulis digital yang memungkinkan Anda untuk mengingat mind map dengan sketsa. Sketchboard juga dilengkapi dengan berbagai ikon pra-desain untuk digunakan dalam diagram perangkat lunak mind map peta jalanan.

Dengan Anda membuat akun gratis Anda bisa membuat tiga papan pribadi dengan  5 anggota.  Bahkan untuk memulainya Anda bisa seret dan lepas ikon dari shape gallery dan ketikkan nama serta topik untuk membuat cabang dan  gunakan toolbar untuk mengubah ukuran, warna, atau menambahkan teks.

Aplikasi Mind Mapping PC

Dengan menuangkan catatanmu ke mind map pastinya otak Anda akan lebih mudah untuk mencerna informasi dan apabila Anda malas membuat mind map secara manual Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi mind map yang akan banyak Anda temukan di internet dengan menggunakan laptop atau pc.

Selain itu mind map juga bisa diartikan sebagai diagram yang menyajikan tugas atau kata-kata, konsep, atau item yang terkait dan dapat diatur di sekitar konsep atau subjek pembahasan yang memungkinkan Anda untuk membangun kerangka kerja intuitif di sekitar konsep utama.

Dengan membuat mind map Anda bisa mengubah catatan materi kuliah Anda misalnya, yang monoton menjadi diagram yang penuh warna dan visual yang disesuaikan dengan seleramu. Sehingga Anda juga bisa menyesuaikan mind map yang akan dibuat dengan cara kerja otakmu untuk memahami suatu konsep. Akan tetapi jika Anda masih bingung, berikut ini ada bisa cobain aplikasi  mind map terbaik di pc jika Anda menggunakan laptop/pc.

 

MindMaster

 

Aplikasi Mind Master untuk pc yang satu ini merupakan software untuk membuat mind map dengan  lintas-platform dan multi-fungsional. Aplikasi ini menawarkan interface yang mirip dengan Microsoft Office pada bagian ribbon, sehingga  Anda akan menemukan semua elemen utama mind map. Dan  bisa memasukkan topik, gambar atau clip art, dan menggambar garis hubungan serta menambahkan catatan.

Pada panel di sebelah kiri adalah kanvas Anda untuk membuat mind map tersebut, dan Anda akan  ditawarkan berbagai opsi untuk menyesuaikan konten dalam mengubah tampilan mind map, sehingga Anda bisa menambahkan latar belakang task, dan mengekspor outline, dan banyak  lagi fitur-fitur  seperti strip warna yang berguna di bawah kanvas untuk mengatur garis dan mengisi warna.

 

Mindjet

 

Membuat mind map dengan aplikasi Mindjet ternyata sangat mudah karena Anda hanya menambahkan node antara hubungan warna dan catatan serta ikon yang dilakukan dengan sistem menu pada sudut kiri bawah. Sehingga Anda bisa membuat mind map dan menyinkronkannya dengan Mindjet Connect untuk kemudian mengunduh mind map di laptop Anda.  Sangat mudah bukan.

Nah itu beberapa aplikasi mind mapping android maupun yang bisa Anda gunakan di pc yang mana bisa Anda gunakan untuk memberikan  variasi pada bentuk catatanmu. Sehingga Anda tidak perlu membuat mind map yang rumit, namun Anda bisa menyederhanakannya asalkan Anda bisa memahaminya.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again