1. Startup

Aplikasi Mobile BlueBird Group Kini Sediakan Fasilitas Booking yang Lebih Baik

Sekitar seminggu yang lalu, BlueBird Group merilis versi baru aplikasi mobile yang memberikan berbagai fitur baru untuk membuat proses pemesanan taksi menjadi lebih nyaman. Saat itu pembaruan dilakukan untuk aplikasi BlackBerry dan Android, sedangkan untuk iOS baru dirilis hari Selasa. Aplikasi ini sekarang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pemesanan taksi, menelepon supir, serta untuk mengetahui apakah ada gangguan pada layanan dan menguhubungkan langsung pada akun Twitter resmi mereka. Di versi baru ini ada juga sedikit perubahan antarmuka.

Beberapa bulan yang lalu kami mengulas aplikasi ini, yang ketika itu masih memiliki fitur inti yang terbatas dan hanya bisa digunakan di Jakarta. Versi baru kali ini memang menyediakan beberapa peningkatan fitur, namun aplikasi ini masih belum dapat digunakan di luar Jakarta walaupun layanan taksinya tersebar di berbagai kota lain.

Pembaruan terbesar adalah fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan pemesanan taksi. Sebelum versi ini, pemesanan taksi menggunakan aplikasi hanya bisa dilakukan ketika Anda telah siap pergi dan menunggu taksi datang. BlueBird dan Seatech Mobile, pengembang aplikasinya, kini telah mengenalkan fitur yang bisa mengatasi keterbatasan ini.

Anda bisa melakukan pemesanan taksi tidak hanya beberapa jam sebelum keberangkatan, tetapi juga beberapa hari sebelumnya, namun proses pemesanan baru dikirimkan pada sopir 30 menit sebelum waktu keberangkatan, yang memang masuk akal. Taksi biasanya hadir di titik jemput sekitar 15-20 menit setelah pengiriman pesanan diterima.

Pilihan untuk membatalkan pemesanan telah diubah sedikit. Di versi sebelumnya, menyapu perintah pesanan akan membatalkan pesanan tetapi sekarang tombol merah yang muncul memberikan menu Option, bukan lagi Cancel. Jika disentuh, tombol itu akan memunculkan tombol merah lain untuk membatalkan pesanan. Ini terasa berlebihan kecuali dimaksudkan untuk pengembangan versi selanjutnya yang memuat beberapa pilihan lain.

Dengan menyentuh pilihan pemesanan akan memunculkan tampilan yang sudah familiar yang memuat peta untuk menampilkan posisi taksi ketika pesanan telah diterima. Tampilan ini kini memiliki dua tombol di bawah peta. Satu untuk membatalkan pesanan dan satu lagi untuk menelepon supir.

Saya belum mencoba tombol untuk menelepon supir setelah memesan taksi, tapi ini sepertinya sebagai fasilitas untuk pengguna agar tidak perlu menelepon call center ketika taksi terlalu lama untuk sampai pada titik penjemputan. Lagipula, tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mengurangi beban call center.

Aplikasi ini sekarang memiliki menu status layanan pada tab More. Menu ini akan membawa Anda ke akun Twitter resmi aplikasi sehingga Anda bisa mengetahui apa yang sedang terjadi berkaitan dengan aplikasi dan sistem pemesanan. Walaupun proses ini lebih nyaman untuk dilakukan, Anda juga bisa melihat akun Twitter melalui web atau aplikasi Twitter. Akun Twitter-nya adalah @bbg_appstatus. Pertanyaan pelanggan dan masukan tentang aplikasi ini bisa langsung dikirimkan lewa menu Feedback langsung dari aplikasi.

Walaupun aplikasi ini sangat nyaman untuk digunakan, pesanan taksi bisa membutuhkan waktu lebih dari 15 menit untuk diterima dan terkadang tidak ada taksi yang mengambil pesanan tersebut. Sistem pemesanan dari BlueBird sendiri akan mengirimkan pesanan setiap lima menit. Jika pesanan belum mendapatkan respon, sistem akan mengirimkan ulang pesanan, dan akan terus diulang setiap lima menit sampai ada supir yang menjawab. Aplikasi ini kini akan memberikan informasi pada Anda sudah berapa kali pesanan dikirimkan.

Meski fasilitas pemberitahuan ini mencerahkan, namun sebenarnya tidak memberi bantuan yang berarti agar Anda lebih cepat mendapatkan taksi. Terkadang malah dengan membatalkan pesanan kemudian memesan kembali lebih berhasil dan Anda akan bisa mendapatkan taksi dalam waktu yang lebih singkat. Tentu saja, ada kemungkinan jika Anda rela menunggu sedikit lebih lama, taksi yang sama yang akan menerima pesanan Anda.

Tampilan dari versi terbaru aplikasi ini bisa dilihat di Dailylicious.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again