16 November 2012

by wiku

Aplikasi Mobile Twitter Telah Diperbaharui, Berikan Kemudahan Untuk Pencarian

Hari ini Twitter mengumumkan beberapa pembaruan tentang layanan mereka. Trenologi akan mencoba menginformasikan beberapa pembaruan ini, dimulai dengan update aplikasi untuk iOS dan Android.

Dalam update kali ini, Twitter menghadirkan kemudahan untuk menikmati konten yang disebarkan di Twitter tidak hanya sebatas 140 karakter. Anda kini bisa menikmati konten dengan lebih 'kaya' ketika mengakses fitur Discover atau layanan pencarian di aplikasi Twitter.

Yang pertama, Anda bisa menikmati headline serta foto dari konten tanpa melakukan tap atau mengetikkan kata kunci untuk melakukan pencarian. Twitter akan langsung menampilkan rangkuman dari beberapa judul konten atau foto yang ada di timeline Anda.

Yang kedua, dari fitur di atas atau masih di fitur Discover, ketika Anda men-tap pilihan menu 'view all tweets' maka Twitter akan memunculkan konten yang terpersonalisasi, artinya di desain khusus berdasarkan akun Anda dan berdasarkan relasi yang ada di lingkaran Twitter Anda.

Yang ketiga, ketika Anda melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu di kolom pencarian (masih dalam fitur Discover) maka foto yang relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan akan tampil di bagian atas memudahkan untuk pencarian atas foto serta menambahkan informasi atas pencarian tertentu.

Selain foto yang ditampilkan di atas, Twitter juga memberikan informasi tambahan berupa preview media agar lebih memudahkan untuk mencari informasi, Anda juga bisa mendapatkan beberapa informasi atas aktifitas dari tweet hasil pencarian tersebut, seperti siapa yang mem-favoritetweet tersebut atau berapa orang yang telah me-RT tweet hasil pencarian tersebut.

Selain beberapa pembaruan yang berhubungan dengan pencarian, update terbaru dari aplikasi Twitter juga menghadirkan cara mudah bagi mereka yang lupa password akun Twitter mereka, proses reset password kini menjadi lebih mudah. Fasilitas baru satu lagi diperuntukkan bagi pengguna yang meproteksi akun mereka, kini Anda bisa dengan lebih mudah mengatur permintaan follow langsung dari iPhone atau iPad.

Pembaruan dari aplikasi ini menitikberatkan pada proses pencarian serta pengalaman melihat tautan atau konten yang dibagikan di Twitter. Kini tidak hanya teks 140 karakter yang bisa dinikmati di Twitter, tetapi konten yang lebih kaya (video, rangkuman konten, judul, foto), menjadikan Twitter sebagai sebuah tempat untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Twitter juga sudah memiliki kemitraan dengan 2000 lebih partner yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi dari konten dengan lebih, tidak hanya sekedar tweet tetapi  preview artikel serta foto dengan lebih mudah dari aplikasi mobile.

Update aplikasi Twitter telah tersedia di toko aplikasi (App Store dan Google Play) atau untuk akses dari web bisa cek tautan ini.