21 July 2014

by DailySocial

Aplikasi Moco Telah Hadir di Platform iOS

Setelah hadir untuk platform Android, aplikasi mobile social reading Moco besutan Aksaramaya kini telah hadir di platform iOS. Dengan perkembangan ini, layanan social reading khusus buku-buku Indonesia itu berharap menjangkau lebih banyak pengguna, sekaligus menjadi aplikasi e-reader yang mengkhususkan menampilkan buku-buku Indonesia secara digital.

Selain sebagai tempat membaca, Moco juga berfungsi sebagai media sosial bagi penggemar buku. Pengguna dapat berekspresi di halaman profil dan bisa saling follow. Sebagai media sosial, Moco dirancang untuk menarik minat baca dengan mengumpulkan orang-orang yang suka membaca, untuk saling berbagi pengalamannya. Pengguna dapat mengunggah buku yang dibacanya melalui media sosial mereka, seperti Facebook dan Twitter.

Setelah mengunduh aplikasi, pengguna mendapatkan tiga pilihan log in dengan menggunakan Facebook, Twitter atau email. Setelah itu, pengguna dapat membuat halaman profil, dan mendapatkan 10 poin, dengan sistem poin menjadi “mata uang” keanggotaan. Di dalam aplikasinya tersedia buku-buku yang dapat dibaca secara gratis di bagian Books, yang mencantumkan label Featured Book dan Recommended.

Berdasarkan penelusuran, DailySocial melihat buku-buku di bagian ini cukup beragam, mulai dari fiksi dan non fiksi, serta tersedia buku metode penelitian sosial kualitatif, cocok bagi mahasiswa. Tak ketinggalan buku-buku agama juga tersedia. Pengguna tinggal memilih buku yang diinginkan dan langsung mengunduhnya, meskipun memang saat ini koleksinya belum terlalu banyak.

e-Pustaka dan Sistem Poin

Layanan Moco ini juga mempunyai fasilitas E-pustaka, yang menghadirkan koleksi dari  ACT (Aksi Cepat Tanggap), Bina Darma, Ethos, Invida Kreasi, Jentera Pustaka, Kauny, Magfirah Pustaka, HB Jassin, Pustaka Iqra, Poltek Kediri, Pusat Perbukuan Kemendiknas, Republika, Pustaka Maya, Republika Penerbit, Wahid Institute, UMRI (Universitas Muhamadiyah Riau), dan masih banyak lagi.

Dengan modal sepuluh poin saat pendaftaran, pengguna dapat bergabung menjadi member Pustaka Maya. Pustaka Maya adalah kumpulan buku yang diterbitkan oleh Aksaramaya yang menyediakan 64 buku. Biaya keanggotaan hanya satu poin, dengan keanggotaan selama 365 hari. Setiap penggunaan poin, pengguna akan dimintai password berupa kode unik yang diperoleh setelah mengirim email ke admin[at]aksaramaya.com.

Bila ingin menambahkan poin yang dimiliki, konsumen bisa melakukan pembelianin-app purchase, dengan kembali ke halaman profil dan menuju kolom point. Harga top up 50 poin adalah Rp 79.000, 100 poin Rp 169.000, 200 poin Rp 339.000, dan untuk 500 poin seharga Rp 949.000. Keuntungan member adalah dapat membaca semua buku yang terdapat di e-Pustaka tersebut.

Setelah bergabung, poin pengguna akan berkurang. Tidak seperti keanggotaan di Pustaka Maya yang memiliki batas waktu, tidak dijelaskan keanggotaan PDS HB. Jassin berlaku hingga kapan. Di koleksi PDS HB Jassin, buku-buku karya sastra langka yang tersedia sudah sebanyak 98 buku. Pengguna bisa membaca karya-karya dalam ejaan bahasa Indonesia pada zamannya., termasuk novel-novel dari Marah Rusli, Nina Pane Budiarto, Ramadhan KH, Abdul Moeis, dan masih banyak lagi. Tersedia pula karya-karya puisi W.S Rendra dan Emha Ainun Nadjib. Semua itu adalah kekayaan sastra milik negeri yang berharga. Selamat membaca.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Hesti Pratiwi.