Berita

Aplikasi Musik Lokal Gtunes Fasilitasi Musisi Indie Promosikan Karya

Jalin kerja sama strategis dengan Smartfren untuk penetrasi di pasar

Setelah meluncur di akhir tahun 2017, layanan streaming musik lokal Gtunes kembali melakukan pembaruan dan mengumumkan kerja sama strategis dengan Smartfren. Dalam acara temu media, Business Development Gtunes Aradita mengungkapkan, pembaruan tersebut dilakukan akhir tahun 2018 ini agar bisa memberikan layanan lebih baik lagi kepada pengguna.

"Dari sisi fitur tidak ada yang berbeda, Gtunes tetap menjadi layanan musik streaming dari musisi lokal independen (indie label) dengan fitur lainnya seperti live chat dan karaoke bareng musisi yang nantinya bisa di-share ke media sosial," kata Aradita.

Untuk fitur terakhir karoke, rencananya akan diluncurkan oleh Gtunes tahun 2019 mendatang.

Saat ini Gtunes fokus pada konten streaming musik lokal yang belum memiliki label dan kesulitan untuk mempromosikan karyanya. Gtunes menjalin kolaborasi dengan Asosiasi Komunitas Musisi Indie Indonesia, yang selama ini telah menjadi wadah untuk musisi indie berkarya.

"Secara keseluruhan kita punya sekitar 70 musisi indie, jumlah tersebut tentunya akan kita tambah. Sementara untuk pengguna sendiri masih sedikit jumlahnya," kata Aradita.

Saat ini Gtunes dapat diakses melalui platform Android dan website. Ke depannya, Gtunes juga akan mengembangkan berbagai fitur, termasuk kanal untuk memproses voucher di aplikasi. Untuk saat ini semua proses tersebut baru bisa dilakukan di situs.

Strategi monetisasi

Masih dalam fase awal, Gtunes juga akan memberlakukan revenue sharing kepada musisi lokal yang bergabung dengan Gtunes. Perhitungan juga akan dilihat dari jumlah pengguna yang mendengarkan lagu di aplikasi, sesuai kesepakatan dengan masing-masing musisi.

"Tentunya semua memiliki kesepakatan yang berbeda-beda antara musisi senior hingga yang masih baru. Pada dasarnya kami akan menerapkan revenue sharing kepada musisi," kata Aradita.

Saat ini pilihan paket berlangganan juga baru bisa diakses oleh pengguna Smartfren, sementara untuk pilihan pembayaran carrier billing operator telekomunikasi lainnya baru bisa diakses di situs Gtunes.

"Selain carrier billing kami juga menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, Doku, hingga bank transfer untuk semua pengguna. Namun bagi pengguna Smartfren nantinya bisa menggunakan kuota khusus untuk menikmati layanan musik streaming Gtunes," kata Aradita.

Berada dalam naungan PT Milenial Nusantara Citra, Gtunes hingga saat ini belum memiliki investor dan tidak memiliki rencana untuk melakukan penggalangan dana. Namun demikian perusahaan menggelontorkan investasi yang cukup banyak, untuk pembaruan Gtunes saat ini.

"Target kami saat ini adalah mengakuisisi pengguna dan menambah jumlah ulasan dan rating aplikasi kami di Play Store," tutup Aradita.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter