Categories

Feature

Ragam Aplikasi Muslim Pendamping Ibadah Saat Ramadan

Membantu pengguna memperoleh jadwal sholat, Alquran digital, hingga mencari masjid terdekat

Prayogo Ryza - 6 May 2019

Meningkatkan ibadah di bulan Ramadan menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Banyak ragam cara yang bisa dilakukan, mulai dari aktif mengikuti pengajian hingga mengikuti pesantren kilat. Di era teknologi beberapa pengembang aplikasi berusaha menghadirkan sebuah tools yang bisa digunakan sebagai pendamping beribadah.

Terdiri dari beragam fitur Islami, berikut ini daftar beberapa aplikasi yang bisa menjadi pendamping umat muslim beribadah di bulan Ramadan:

Muslim Pro

Aplikasi ini mungkin salah satu yang paling populer di Indonesia. Aplikasi besutan pengembang asal Singapura ini memiliki beberapa fitur "wajib" aplikasi Muslim, seperti pengingat waktu salat, Alquran digital, penentu arah kibat, hingga informasi lain terkait dengan ibadah umat muslim.

Untuk pengingat waktu Salat aplikasi Muslim Pro memungkinkan pengguna memungkinkan mengkustomisasi notifikasi. Disenyapkan, notifikasi pendek, hingga bunyi "beep" panjang (hanya tersedia di versi berbayar). Secara total ada 7 waktu yang bisa diatur pengingatnya, waktu imsak, waktu Subuh, waktu terbit matahari, waktu Dzuhur, waktu Azhar, waktu Maghrib, dan waktu Isya.

Alquran digital di aplikasi Muslim Pro ini cukup interaktif. Selain memiliki tampilan untuk membaca Alquran per ayat yang dilengkapi dengan terjemahan Muslim Pro juga memiliki fitur untuk memberikan catatan, menandai ayat favorit, dan membagikan ayat lengkap dengan latar belakang di media sosial. Muslim Pro juga menyediakan audio untuk setiap ayat-ayat Alquran.

Fitur lain di Muslim Pro yang bermanfaat antara lain fitur penentuan arah kiblat, berita islam, pencarian tempat halal (sayangnya masih terbatas), kalender Hijriyah, Pesan, Doa-doa hingga fitur inspirasi harian yang berisi kutipan-kutipan motivasi islami.

Application Information Will Show Up Here

Muslimnesia

Aplikasi ini dikembangkan oleh Dot Indonesia, pengembang perangkat lunak yang bermarkas di Jakarta. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dengan fitur yang cukup lengkap sebagai aplikasi pendamping ibadah. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Qibla Finder dari Google yang memudahkan pencarian arah kiblat.

Fitur pengingat waktu salat di Muslimnesia cukup sederhana. Dengan pilihan lima pengingat waktu salat pengguna bisa dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi. Sayangnya tidak ada pilihan untuk bentuk notifikasinya.

Untuk fitur Alquran digital pun juga demikian. Fiturnya cukup ringkas dengan tampilan yang enak untuk dibaca. Sayangnya tidak ada pilihan audio, fitur Favorit, atau fitur lainnya yang bisa membantu dalam membaca maupun mengingat bacaan Alquran.

Salah satu yang cukup berbeda dari Muslimnesia adalah fitur Toko Halal. Fitur yang menyediakan produk-produk islam seperti perlengkapan ibadah, makanan dan minuman halal, hingga paket berbagi atau donasi. Untuk fitur Toko Halal dan beberapa fitur tertentu lainnya Muslimnesia mewajibkan pengguna untuk mendaftarkan diri, sementara fitur "standar" lainnya bisa digunakan secara langsung.

Muslimnesia juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat jadwal kajian, mencari doa dan dzikir, artikel tentang Islam, dan jadwal puasa.

Application Information Will Show Up Here

umma

Dikembangkan PT Khazanah Prima Sukses, aplikasi umma sejatinya sudah diluncurkan pada akhir 2017. Dengan misi bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik, umma dikemas dengan tampilan yang sederhana namun kaya dengan fitur.

Untuk urusan pengingat waktu salat, aplikasi umma memiliki 7 waktu pengingat, terdiri dari waktu salat, imsak, dan matahari terbit. Notifikasinya pun bisa disesuaikan. Untuk waktu salat misalnya, kita bisa memilih notifikasi biasa, mute, azan versi Mekah atau versi Madinah. Di tampilan yang sama juga terdapat kompas penuntun arah kiblat yang bisa diperbesar jika di-tap. Fitur pengingat waktu salat umma kabarnya bakal hadir di aplikasi Gojek.

Untuk aplikasi Alquran digital umma memiliki tampilan yang tampilan dan fitur yang sedikit berbeda. Dari segi tampilan awal Alquran digital pengguna akan dihadapkan pada tiga pilihan, membaca surah Alquran, mencari ayat yang sesuai dengan tema, dan kutipan-kutipan ayat Alquran.

Ketika membaca ayat Alquran kita bisa sekaligus memutar audio yang nantinya akan diputar berbarengan dengan kata-kata yang disoroti, menyesuaikan dengan audio. umma menyediakan terjemahan dari ayat-ayat Alquran seperti layaknya aplikasi muslim lainnya, tetapi jika kita sorot kata di ayat maka akan tampil makna per kata. Fitur yang tampaknya belum ada di aplikasi sejenis. Dan untuk mengingat atau menyimpan progress umma menyediakan fitur bookmark.

Selain itu umma juga dilengkapi dengan fitur kurasi informasi mengenai islam, kumpulan video islami, group, hingga fitur pengukur waktu dan progress membaca Alquran yang akan ditampilkan dalam halaman profil.

Application Information Will Show Up Here

Kesan

Kesan (Kedaulatan Santri) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Kesan Digital Nusantara. Aplikasi ini dikonsep sebagai pendamping bagi siapa pun yang ini nyantri secara virtual. Dilengkapi dengan notifikasi dan pengingat mengenai pentingnya beribadah.

Sama halnya dengan aplikasi muslim lainnya Kesan memiliki fitur kompas arah kiblat, jadwal salat, Alquran digital, dan berbagai macam fitur pendukung lainnya. Untuk fitur Alquran digital aplikasi yang didominasi warna hijau ini hanya punya ada beberapa fungsi di dalamnya, fitur daftar surah, fitur pencarian/lompat ayat ke ayat tertentu, dan fitur audio.

Untuk fitur jadwal dan pengingat salat notifikasinya cukup lengkap. Tak hanya untuk salat wajib lima waktu tetapi juga ada notifikasi untuk salat Tahajud, imsak, dan salat Dhuha. Satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur Kitab Kuning, fitur yang tidak ada di aplikasi sejenis lainnya.

Application Information Will Show Up Here

Quranesia

Sesuai namanya, aplikasi Quranesia merupakan aplikasi Alquran digital yang dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti jadwal dan notifikasi pengingat salat, lengkap dengan arah menu pencari arah kiblat. Tampilan aplikasi ini terbilang sangat sederhana, tapi memiliki fitur yang cukup lengkap untuk aplikasi Alquran digital.

Untuk tampilan ketika sedang membaca Alquran digital tampilannya sederhana, juga terdapat pilihan untuk menjalankan audio. Beberapa menu yang ada di dalamnya adalah Berbagi Ayat, Salin Ayat, dan juga menambah dan menandai ayat. Sangat berguna sebagai pengingat.

Application Information Will Show Up Here

 

Qara'a

Qara'a merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Kreasi Putra Hotama. Aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu generasi muda lebih dekat dengan Alquran.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur notifikasi pengingat salat. Di dalamnya juga terdapat fitur petunjuk arah yang terintegrasi dengan GPS untuk menujukkan masjid terdekat dan juga arah kiblat.

Untuk fitur Alquran digital Qara'a dilengkapi dengan menu tafsir dan asbabun nuzul (sebab-sebab turunnya suatu ayat). Sayangnya Qara'a belum menyediakan fitur audio dan bookmark/penanda untuk menandai atau menyimpan progres membaca Alquran.

Fitur lainnya yang melengkapi Qara'a antara lain Konsultasi (masih dalam pengembangan), Artikel, dan fitur Media yang menyediakan siaran radio dari beberapa radio islami.

Application Information Will Show Up Here

Bonus: Marketplace perjalanan umrah

Salah satu terobosan dalam bisnis perjalanan umrah adalah hadirnya marketplace yang mengkurasi dan menyajikan berbagai macam pilihan paket perjalanan umrah bagi pengguna. Dua layanan yang mencoba peruntungan di segmen ini adalah PergiUmroh dan Safar.

PergiUmroh hadir lebih dulu tepatnya pada pertengahan tahun 2018. Mengusung platform web PergiUmroh menawarkan pencarian paket perjalanan umrah dengan filter-filter yang cukup lengkap, mulai dari berdasarkan tanggal, budget, hingga maskapai penerbangan. Semua bisa dicari dengan mudah di platform mereka. Dengan menampilkan informasi paket perjalanan yang lengkap di situsnya PergiUmroh menghadirkan solusi praktis bagi mereka yang ingin mencari dan membandingkan paket perjalanan umrah.

Selanjutnya adalah Safar. Aplikasi besutan PT Safar Anugerah Indonesia ini memiliki konsep yang sama, hanya saja hadir di platform Android. Selain pencarian paket perjalanan aplikasi Safar juga menyajikan konten-konten islami. Satu yang diunggulkan pihak Safar adalah mereka akan membantu dan mendampingi pengguna yang memesan paket perjalanan, mulai dari persiapan hingga akhir perjalanan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter