8 April 2015

by Glenn Kaonang

Aplikasi Noiseless untuk Mac Tawarkan Kemudahan Mengurangi Noise pada Foto

Meski telah mengalami perkembangan pesat, kamera smartphone masih cukup kesulitan mengambil gambar yang jernih di kondisi gelap. Hal ini dikarenakan sensor gambar yang tertanam berukuran kecil – bandingkan dengan sensor milik kamera DSLR yang berlipat-lipat lebih besar, mengumpulkan lebih banyak cahaya saat mengambil gambar.

Saat mengambil gambar menggunakan smartphone pada lokasi yang kurang terang, biasanya akan tampak bintik-bintik yang memenuhi foto. Dikenal dengan nama noise, bintik-bintik ini seringkali tampak kurang nyaman di mata.

Trik yang biasa diterapkan adalah noise reduction. Cukup banyak aplikasi photo editing yang menawarkan fitur semacam ini. Namun perlu diingat, semakin agresif Anda menghapus noise, maka semakin berkurang pula ketajaman foto.

Info menarik: Aplikasi Inklet Dapat Mengubah Trackpad MacBook Menjadi Papan Gambar Digital

Di titik inilah sebuah aplikasi baru untuk Mac mencoba menarik perhatian. Bernama Noiseless, aplikasi ini dirancang untuk membersihkan foto dari noise selagi menyimpan ketajaman detail yang tersimpan, dengan user interface yang mudah dioperasikan.

Penggunaan Noiseless tidak terbatas pada foto yang diambil oleh kamera smartphone saja. Apapun kamera digital yang Anda pakai, aplikasi ini siap mengurangi noise pada foto-foto yang ditangkap.

Guna mengakomodasi pengguna yang tergolong awam soal fotografi, Noiseless menawarkan sejumlah preset untuk mengurangi noise, mulai dari yang ringan hingga ekstrem. Sederhananya, proses ini tidak lebih sulit dari memilih filter di Instagram.

Algoritma canggih yang dikemas Noiseless diyakini dapat menyimpan detail sebaik mungkin. Pengguna bertaraf profesional bisa melakukan penyesuaian lebih lanjut guna mempertahankan detail lebih banyak lagi.

Info menarik: Flexibits Luncurkan Fantastical 2 untuk Mac

Aplikasi Noiseless saat ini sudah bisa dicoba gratis bagi para pemilik perangkat Mac dengan OS X versi 10.8 atau lebih. Versi Preview ini memungkinkan kita untuk mencoba berbagai tool yang ditawarkan, akan tetapi opsi Export, Save dan Sharing-nya belum bisa diakses.

Pada tanggal 16 April mendatang, versi standar Noiseless akan dirilis di Mac App Store seharga $18. Versi Pro-nya yang membawa dukungan format RAW akan dijual viasitus resminya seharga $50. Pihak pengembangnya juga menerima pre-order untuk versi Pro, dengan potongan harga sebesar $10.

Buat para fotografer profesional yang sudah terbiasa menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Photoshop Elements, Lightroom atau Aperture, Noiseless versi Pro juga akan dilengkapi plug-in khusus untuk keempat software tersebut.

Sumber: Macphun Blog dan TheNextWeb.