17 March 2016

by Bambang Winarso

Tiga Aplikasi Office untuk Android Peroleh Sederet Fitur Baru

Word, Excel dan PowerPoint diguyur fitur Auto Save, Version History dan Collaborative authoring

Microsoft kembali menggulirkan sejumlah fitur baru untuk Office versi Android, baik untuk Word, Excel maupun PowerPoint. Ada dua fitur serupa yang dibenamkan ke ketiga aplikasi, yaitu fitur Auto Save dan Version History, yang keduanya dihadirkan untuk memberi rasa aman kepada pengguna ketika terputus karena suatu sebab. Misalnya karena koneksi yang buruk, lupa atau pekerjaan lain.

Seperti sudah disinggung barusan, fitur Auto Save dihadirkan untuk ketiga aplikasi. Fitur ini bekerja secara otomatis, ia bisa menjadi penyelamat hasil ketikan ketika pengguna terputus atau harus keluar karena suatu sebab. Tetapi Microsoft dalam keterangan update-nya mengatakan bahwa pengguna tetap memegang penuh kendali, mereka bisa mematikan fitur ini jika dirasa tidak memerlukannya.

Fitur Version History lebih unik, ia memastikan semua versi hasil pekerjaan pengguna akan disimpan secara terpisah berupa daftar penyimpanan. Jika pengguna merasa tidak pas dengan simpanan versi terkini, mereka dapat membuka versi lainnya di daftar simpan yang tersedia.

Aplikasi Word dan PowerPoint juga mendapatkan satu fitur tambahan bernama Collaborative authoring yang memungkinkan banyak penulis mengerjakan satu dokumen di waktu yang bersamaan.

Dua fitur lainnya digulirkan untuk PowerPoint, yaitu fitur Designer dan Insert from Camera. Sesuai namanya, fitur Designer membantu pengguna menciptakan paduan kreatif sebuah desain berdasarkan masukan dari pengguna. Dan insert from Camera berfungsi untuk menjepret foto langsung dari aplikasi PowerPoint.

Sementara Excel mendapatkan satu tambahan fitur Fill handles yang bakal banyak membantu pengguna menghemat waktu ketika mengerjakan data yang berjumlah banyak.

Update ini sudah digulirkan ke Play Store dan sebagian besar pengguna seharusnya sudah mendapatkan notifikasi untuk segera mengunduh versi barunya.

Sumber berita Androidpolice.