Categories

Mobile

Aplikasi Opera VPN Kini Telah Tersedia di Android

Bantu pengguna mengakses lebih banyak konten dan melindungi privasinya

Glenn Kaonang - 23 August 2016

Setelah sebelumnya dirilis lebih dulu di iOS pada bulan Mei dan menuai sukses, aplikasi Opera VPN mulai hari ini resmi tersedia di Android. Sesuai namanya, aplikasi ini menawarkan layanan VPN yang bisa dinikmati secara cuma-cuma dan tanpa batas penggunaan data.

Apa saja manfaat yang bisa didapat dari Opera VPN? Pertama, pengguna bisa mengakses lebih banyak konten di internet. Forum seperti Reddit yang diblokir dapat dibuka karena Opera VPN akan 'menyamarkan' IP address pengguna.

Penyamaran IP address ini juga berdampak positif pada privasi pengguna. Opera VPN akan menghapus cookies pelacak iklan yang biasanya tertinggal setelah mengunjungi sejumlah situs. Singkat cerita, Opera VPN bisa dianggap sebagai pertolongan pertama untuk perlindungan diri virtual bagi pengguna smartphone.

Opera VPN juga menawarkan fitur penguji tingkat keamanan jaringan Wi-Fi. Aplikasi akan memindai jaringan Wi-Fi yang tersambung, lalu memeriksa berbagai parameter: apakah jaringan tersebut milik umum atau pribadi, apakah jaringan terenkripsi dan berapa banyak perangkat yang sudah terhubung.

Opera VPN juga bisa mengetahui apakah alamat IP dan lokasi pengguna bakal ditampilkan, serta apakah orang lain bisa memantau rincian perangkat milik pengguna. Seandainya kriteria-kriteria ini banyak yang tidak terpenuhi, aplikasi akan menyarankan pengguna untuk mengaktifkan VPN.

Untuk mempermudah, aplikasi akan memberikan skor dari A sampai F terhadap suatu jaringan Wi-Fi. Jika skor yang muncul adalah F, mungkin ada baiknya pengguna tidak menyambungkan perangkatnya ke sana dan menanggung resiko diretas.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter