Categories

Mobile

Aplikasi Panggilan Video Google Duo Resmi Meluncur ke Android dan iOS

Andalkan stabilitas koneksi, enkripsi end-to-end dan desain yang simpel

Glenn Kaonang - 16 August 2016

Google hari ini (16/8) secara resmi meluncurkan aplikasi panggilan video terbarunya, Duo, yang sebelumnya sempat diperkenalkan di ajang Google I/O 2016. Jumlah aplikasi video call sudah banyak, lalu mengapa kita membutuhkan yang baru lagi?

Well, Duo menarik bukan semata karena ia dibuat oleh Google, akan tetapi Google memang merancangnya sesimpel mungkin dan berfokus pada memberikan pengalaman komunikasi satu lawan satu via video yang terbaik. Salah satu kriteria “terbaik” tentunya adalah stabilitas panggilan video.

Pada kenyataannya, 19 persen dari pengguna internet di Indonesia berusia 18 tahun ke atas melakukan panggilan video via ponsel setiap harinya berdasarkan survei Google YouGov pada bulan Juli kemarin. 81 persen dari mereka ini mengeluhkan soal koneksi internet yang tidak stabil dan seringkali membuat frustasi.

Lewat Duo, Google ingin memastikan bahwa hal ini sangat jarang terjadi. Duo memanfaatkan protokol jaringan yang efisien sehingga panggilan video bisa tersambung dengan cepat dan tidak putus-putus meksi koneksi internet sedang lambat.

Google Duo tersedia untuk Android dan iOS, dan pengguna hanya memerlukan nomor ponsel untuk mulai menggunakan / Google
Google Duo tersedia untuk Android dan iOS, dan pengguna hanya memerlukan nomor ponsel untuk mulai menggunakan / Google

Caranya adalah dengan menurunkan resolusi video secara otomatis ketika terdeteksi bandwith pengguna yang terbatas. Selama panggilan video berlangsung, Duo akan beradaptasi dengan kualitas jaringan yang dipakai pengguna. Menariknya, panggilan video juga tidak akan putus ketika pengguna berganti koneksi dari Wi-Fi ke seluler ataupun sebaliknya.

Fitur lain yang diandalkan Duo adalah enkripsi end-to-end dan Knock Knock. Knock Knock pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk melihat video dari penelepon secara live sebelum ia menerimanya. Menurut Google, hal ini menjadikan panggilan video di Duo lebih terasa seperti sebuah undangan ketimbang interupsi.

Dalam beberapa hari ke depan, Google Duo akan tersedia secara global untuk iOS maupun Android. Untuk menggunakannya, Anda hanya memerlukan nomor ponsel ketimbang sebuah akun khusus seperti pada mayoritas aplikasi lain.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter