Aplikasi Penghemat Paket Data Opera Max Hadir di Indonesia

Aplikasi Penghemat Paket Data Opera Max Hadir di Indonesia

opera
opera

Opera Software ASA tanggal 3 kemarin mengumumkan bahwa aplikasi peramban internet buatannya, Opera Max, sudah dapat dinikmati pengguna Android di Indonesia melalui Google Play. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menghemat pemakaian paket data hingga 50 persen, dan memberikan pilihan penghematan data dalam jaringan Wi-Fi.

Awal tahun lalu, Opera meluncurkan Opera Max yakni aplikasi penghematan data yang bisa mengkompres data mobile hingga 50 persen, dengan begitu dapat menghemat uang pengguna dan meningkatkan kecepatan mengakses internet.

Aplikasi ini sesungguhnya sudah tersedia di Indonesia sejak lima bulan yang lalu, tetapi saat itu hanya eksklusif untuk pengguna Evercoss. Kini Opera Max sudah dapat dinikmati pengguna di Indonesia dengan tambahan versi baru, tambahan penghematan data untuk koneksi Wi-Fi.

Opera Max adalah Opera Mini  tanpa “browser”, yang bertindak sebagai VPN dan server proxy di latar belakang, juga aplikasi manajemen data yang dapat disesuaikan untuk smartphone Android.

Menurut FAQ Opera Max, aplikasi ini tidak akan mengganggu koneksi HTTPS aman. Pengguna kehilangan kemampuan untuk menyimpan beberapa data, tapi Anda komunikasi pengguna aman (seperti situs perbankan, email, dan lain-lain). Opera Max sendiri hanya akan memampatkan data yang tidak terenkripsi, yang dapat mencakup teks, gambar dan video. Berkasnya tidak akan disimpan oleh server Opera.

Opera Max juga menyatakan bahwa penggunaan paket data untuk Instagram dan WhatsApp dapat ditekan. Yang menarik kedua layanan tersebut menggunakan HTTPS terenkripsi. Menurut Opera, tidak semua lalu lintas di Instagram dan Whatsapp dienkripsi. Misalnya, di Instagram hanya halaman login dan komentar yang dikirim melalui saluran terenkripsi, namun gambar dan video yang dikirim melalui HTTP teks biasa, yang dapat dikompresi oleh Opera Max.

Opera Max

Di era konten video dan gambar yang semakin memiliki tempat di hati khalayak, Opera Max bisa menjadi pilihan untuk menikmati aplikasi yang memiliki banyak video dan gambar, seperti Instagram, Path, VIKI, OLX, atau Kurio. Pengguna ponsel dapat mengakses aplikasi favorit dengan lebih cepat dan lebih hemat.

Aplikasi ini akan membuat pengguna mengontrol pemakaian data ponsel dan Wi-Fi secara independen. Solusi yang coba ditawarkan merupakan solusi yang diberikan Opera Max atas tingginya permintaan pemakaian Wi-Fi yang efisien.

Pengembang aplikasi yang berkantor pusat di Oslo, Norwegia, itu menyatakan bahwa bahwa 80% pemakaian data berada di jaringan Wi-Fi. Kepadatan jaringan Wi-Fi dapat diatasi fitur kompresi terbaru yang ditambahkan di Opera Max. Mereka juga dapat melihat kondisi pemakaian data oleh aplikasi yang sedang digunakan dan menelusuri cara aplikasi mereka bekerja pada jaringan Wi-Fi.

Salah satu manfaat tambahan dari Opera Max yakni memungkinkan pengguna memblokir aplikasi tertentu. Dengan cara ini, misalnya, Anda bisa selalu memblokir aplikasi tertentu dari mengkonsumsi data mahal ponsel Anda.

Dengan fitur baru “Aplikasi yang diblokir” pengguna dapat mencegah aplikasi dalam memakai data tanpa izin, juga dapat menghentikan aplikasi yang berjalan di belakang layar agar lebih menghemat baterai. Fitur “Aplikasi yang diblokir” memberikan pengguna pengontrolan keseluruhan dalam akses data di ponsel dan jaringan Wi-Fi.

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Hesti Pratiwi. Gambar header: Gil C/Shutterstock.com.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…