Categories

Interview

Aplikasi Petloka Mudahkan Pemilik Hewan Peliharaan Temukan Jasa Perawatan dan Penitipan

Sudah miliki 200 mitra yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

Yenny Yusra - 6 November 2019

Banyaknya jumlah layanan pet grooming (perawatan hewan peliharaan) atau pet hotel (tempat penitipan hewan peliharaan) di ibukota menjadi salah satu alasan mengapa Petloka didirikan. Mereka menyediakan platform online untuk memudahkan pemilik hewan memesan jasa tersebut.

Petloka didirikan oleh empat orang co-founder yakni Alvin Lim, jebolan beberapa startup di bidang fintech dan cashback; Andrew J. Gunawan, Albert Sudartanto, dan James Roberto yang pernah bekerja di perusahaan e-commerce.

Kepada DailySocial COO Petloka Albert Sudartanto menjelaskan, layanannya memiliki tujuan untuk mempermudah proses pemesanan oleh pelanggan kepada mitra. Saat ini aplikasi sudah tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

"Berangkat dari pengalaman pribadi saat memiliki binatang peliharaan, muncul ide mendirikan Petloka agar bisa membantu para pemilik binatang peliharaan lainnya. Didukung oleh jaringan dan relasi yang cukup di pet industry dan latar belakang bekerja di tech company, kami sangat optimis dengan platform yang ditawarkan."

Layanan on-demand untuk pemilik hewan peliharaan

Untuk mitra, bakal ditawarkan opsi sebagai jasa penyedia layanan pet grooming atau pet hotel. Ke depannya Petloka juga akan menambah layanan lainnya seperti klinik hewan dan marketplace berbagai kebutuhan pendukung. Hingga akhir Oktober 2019, Petloka sudah memiliki lebih dari 200 mitra dan memproses lebih dari 1000 transaksi per bulan.

"Dengan rata-rata spending Rp1 juta/bulan untuk satu binatang peliharaan dan jumlah populasi anjing hingga kucing yang sudah jutaan jadi potensi pertumbuhan sangat menjanjikan, tinggal bagaimana kita mengedukasi para pet lover supaya bisa beralih dari offline ke online," kata Albert.

Meskipun banyak layanan serupa yang mulai memanfaatkan teknologi, namun belum ada yang bisa memberikan layanan secara menyeluruh memanfaatkan aplikasi. Saat ini Petloka belum mengenakan biaya kepada mitra yang bergabung, namun ke depan akan dikenakan potongan kepada service provider untuk setiap pemesanan.

“Di era yang serba cepat ini, Petloka ingin mempermudah proses booking untuk layanan hewan peliharaan melalui aplikasi. Cukup dengan beberapa langkah yang sangat singkat, konsumen dapat mengatur jadwal pet grooming atau pet hotel yang diinginkan melalui platform kami," tutup Albert.

Saat ini layanan sudah bisa digunakan untuk pengguna di Jabodetabek, Bandung, Denpasar, Surabaya, Semarang, Malang, Yogyakarta, Samarinda, Medan, Gersik, Kediri, hingga Solo.

Untuk ke depannya, Petloka juga memiliki rencana untuk melakukan penggalangan dana. Pihaknya mengklaim saat ini sudah ada beberapa investor yang tertarik untuk berinvestasi dan masih terus membuka peluang kepada investor lainnya yang ingin bergabung.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter