BRI Luncurkan Aplikasi “Pinang”, Mudahkan Nasabah Ajukan Pinjaman Secara Online

BRI Luncurkan Aplikasi “Pinang”, Mudahkan Nasabah Ajukan Pinjaman Secara Online

Gunakan teknologi face recognition dan digital signature untuk percepat proses pengajuan
Proses pengajuan sepenuhnya digital, tanpa perlu datang ke kantor bank / Pinang
Proses pengajuan sepenuhnya digital, tanpa perlu datang ke kantor bank / Pinang

Setelah melakukan uji coba, Bank Rakyat Indonesia (BRI) akhirnya merilis secara resmi aplikasi Pinang (Pinjam Tenang) kepada masyarakat umum. Aplikasi yang baru tersedia di platform Android ini menyediakan pilihan pinjaman dengan angsuran ringan untuk nasabah.

Produk BRI Agro ini diklaim bisa digunakan oleh nasabah untuk mengajukan permohonan pinjaman tanpa agunan secara sederhana, tanpa proses rumit. Beberapa pinjaman yang bisa dipilih oleh nasabah adalah biaya pengobatan, sekolah, keperluan rumah tangga dan renovasi rumah.

Selain itu Pinang juga menggunakan teknologi face recognition dan digital signature untuk memudahkan pengguna melakukan pengajuan tanpa harus datang ke bank. Jika disetujui, nasabah bisa meminjam tanpa agunan dengan limit mulai dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta. Tenor mulai dari 1 hingga 12 bulan dengan metode pembayaran yang fleksibel. Angsuran dapat dibayar melalui transfer/ATM maupun melalui agen Pinang.

Nasabah yang dapat menggunakan Pinang adalah nasabah yang ber-payroll di Bank BRI atau Bank BRI Agro. Proses repayment kredit nasabah tersebut dapat dilakukan dengan cara autodebit dari rekening payroll setiap bulannya. Belum diketahui lebih lanjut apa alasan BRI meluncurkan layanan yang konsepnya serupa dengan fintech lending yang saat ini makin menjamur jumlahnya di Indonesia.

Menjamin keamanan pinjaman nasabah

Meskipun memiliki cara kerja dan persyaratan yang serupa dengan layanan fintech lending, Pinang dari BRI mengklaim memiliki perbedaan yang signifikan. Salah satunya dikelola oleh institusi keuangan berupa bank dalam negeri (BRI Agroniaga) yang telah terdaftar dan secara ketat diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sehingga dari sisi keamanan data nasabah akan lebih terawasi dan terjaga dengan baik mengingat perbankan merupakan institusi keuangan yang diawasi dan diatur secara ketat oleh OJK.

Selama ini BRI cukup aktif menghadirkan inovasi terkini memanfaat teknologi. Di antaranya adalah merilis chatbot Sabrina.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…