Mendalami profesi travel blogger itu gampang-gampang sulit. Di satu sisi, jalan-jalan ke berbagai lokasi wisata memang menyenangkan. Di sisi lain, kita harus konsisten menulis kalau mau mendulang popularitas yang cukup di kalangan pembaca.

Namun sekarang ada aplikasi yang bermisi memudahkan kegiatan travel blogging Anda. Meski masih berstatus beta, aplikasi bernama Polarsteps ini menawarkan ide yang cukup menarik dengan konsep otomatisasi travel blogging.

Premisnya sederhana, Anda cuma diminta untuk mencantumkan jadwal wisata Anda, selanjutnya Polarsteps akan mengurusi sisanya. Ia akan mengecek lokasi Anda dari waktu ke waktu via GPS, lalu memublikasikan rekam jejaknya yang bisa dipantau oleh rekan-rekan maupun anggota keluarga Anda di web.

Polarsteps

Sebuah travel blog tentunya tak akan lengkap tanpa adanya foto. Maka dari itu, Polarsteps akan mengumpulkan foto-foto yang Anda ambil berdasarkan lokasinya. Semuanya akan dipublikasikan menjadi satu jurnal yang menarik, dengan rangkuman informasi yang lengkap seperti yang bisa dilihat pada contoh berikut.

Menariknya, Polarsteps tidak mewajibkan pengguna untuk terus terhubung dengan koneksi internet. Hal ini penting mengingat akses internet tidak selamanya ada saat tengah berwisata. Selama offline, aplikasi akan bekerja secara penuh menggunakan GPS. Lalu ketika pengguna tiba di hotel dan tersambung dengan Wi-Fi, barulah data-data yang dikumpulkan akan dipublikasikan.

Saat ini Polarsteps sudah tersedia untuk perangkat iOS, termasuk halnya Apple Watch. Versi Android-nya rencananya akan dirilis pada musim panas mendatang.

Sumber: TechCrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.