12 Aplikasi Scanner Android Gratis Terbaik 2022

Apa saja aplikasi scanner yang dapat membantu kita dalam memindai berkas? Berikut ini adalah aplikasi scanner android terbaik di tahun 2022 yang dapat kamu coba untuk mempermudah pekerjaan kamu!

Teknologi saat ini benar-benar sudah semakin canggih. Dahulu proses scanning dokumen hanya dapat dilakukan dengan perangkat scan yang biasanya terintegrasi dengan mesin fotocopy.

Dulu praktik scanning dokumen dinilai merupakan suatu hal yang ribet karena kita harus pergi ke tempat fotocopy untuk memperoleh dokumen hasil scan. Dewasa ini, kamu tidak perlu lagi khawatir untuk memindai dokumen!

Banyak aplikasi scanner android terbaik yang dapat membantu pekerjaan kamu menjadi lebih mudah. Aplikasi scanner ini pada dasarnya akan memotret dokumen dari pengguna. Walaupun begitu, aplikasi scanner ini akan dilengkapi dengan fitur yang membuat dokumen menjadi bersih dan nampak jelas.

Scanner pun memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan dokumen dalam berbagai format serta secara instan mengirimkan file tersebut kepada berbagai platform seperti Gdrive, Email, dan Whatsapp. 

Aplikasi Scanner Android Gratis Terbaik 2022

Apa saja aplikasi scanner yang dapat membantu kita dalam memindai berkas? Berikut ini adalah aplikasi scanner android terbaik di tahun 2022 yang dapat kamu coba untuk mempermudah pekerjaan kamu!

Adobe Scan

AdobeScan sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

Aplikasi Adobe Scan merupakan salah satu aplikasi scanner di android terbaik dan terlaris yang dapat kamu coba. Adobe Scan memungkinkan kamu untuk dapat melakukan pemindaian dengan mudah hanya dengan memotret dokumen yang ingin kamu scan.

Aplikasi yang telah diunduh oleh 100 juta pengguna ini memiliki berbagai fitur unik yang tidak heran membuat aplikasi ini begitu digandrungi oleh penggunanya. Fitur unik dari aplikasi ini adalah salah satunya pengguna dapat menghapus area dokumen yang tidak diinginkan.

Fitur tersebut tentunya sangat memudahkan pengguna aplikasi ini. Apabila berkas yang kamu miliki memiliki sedikit bercak kotor, fitur menghapus bagian dokumen yang kotor tadi. Aplikasi ini juga sepertinya sangat mengetahui kebutuhan dari pengguna.

Pengguna dimungkinkan untuk dapat memindai kartu identitas yang biasanya memiliki dua sisi. Kamu juga dapat melakukan scanning pada struk belanja yang terkadang ukurannya tidak dapat dibilang pendek dengan resolusi gambar yang tetap jernih. 

Notebloc Scanner

Notebloc sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

Perangkat lunak scanner android terbaik dan gratis lainnya adalah Notebloc. Notebloc memiliki beberapa fitur yang mampu membuat penggunanya betah untuk selalu menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan proses pemindaian dan menyusun dokumen yang sudah di-scan ini menjadi satu dokumen.

Fitur tersebut tentunya akan memudahkan pengguna yang ingin memindai dokumen dengan halaman yang banyak pada misalnya catatan pelajaran. Selain itu, pengguna pun dapat menyimpan dan mengirim secara instan dokumennya. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi kamu yang buru-buru ingin mengirimkan dokumen kamu kepada atasan maupun dosen atau guru kamu. 

Tiny Scanner

Tiny Scanner sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

Aplikasi Tiny Scanner merupakan aplikasi scanner yang dapat kamu coba. Tiny Scanner memungkinkan pengguna untuk dapat memindai berkas dengan jernih dan bersih. Pengguna dapat  langsung menyimpan berkas hasil pemindaian pada aplikasi cloud pada misalnya Google Drive, OneDrive, DropBox dan lain sebagainya.

Fitur tersebut tentunya dapat mempermudah pengguna yang ingin mengakses dokumen di berbagai perangkat (pada misalnya android dan laptop). Selain itu, pengguna pun dimungkinkan untuk melindungi dokumen dengan kata sandi sehingga privasi pengguna terjaga.

Microsoft Lens

Microsoft lens sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

Aplikasi scanner dokumen yang dapat kamu coba selanjutnya adalah Microsoft Lens. Microsoft Lens menawarkan berbagai fitur canggih yang heran membuat aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi terlaris.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna ini memungkinkan penggunanya untuk memindai berbagai dokumen. Selain itu, fitur unik yang aplikasi ini tawarkan adalah pengguna dapat mengubah tulisan tangan menjadi bentuk tulisan digital.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia untuk tulisan berbahasa Inggris saja.

Fast Scanner

Fast Scanner sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

Perangkat lunak scanner dokumen Fast Scanner juga adalah salah satu aplikasi pemindah yang dapat kamu coba. Salah satu aplikasi scanner android gratis terbaik ini sesuai dengan namanya, menawarkan kecepatannya dalam memindai dokumen.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini walaupun gratis tidak memiliki jumlah batasan dalam pemindaian dokumen. Pun pengguna dimungkinkan untuk membuka hasil pemindaiannya ke aplikasi seperti Dropbox dan Google Drive, sehingga pengguna lebih memiliki akses fleksibel atas dokumen digitalnya.

Image Scanner

Image Scanner sebagai aplikasi scanner android terbaik

Aplikasi pemindai media lainnya adalah Image Scanner. Image Scanner pun menawarkan berbagai fitur yang akan mempermudah proses scan berkas kamu. Aplikasi Image Scanner saat ini telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna.

Selain menawarkan fitur pemindaian, pengguna dimungkinkan untuk membagikan dokumennya pada kontak mereka. Pengguna juga dapat mengunggah berkasnya ke email dan aplikasi cloud. Dengan begitu, aplikasi ini cukup fleksibel dan mendukung pengguna yang ingin memindahkan dokumen ke device lain.

Genius Scan

Genius Scan sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

Perangkat lunak pemindai dokumen lain yang dapat kamu coba adalah Genius Scan. Genius Scan memungkinkan pengguna untuk memindai berkas dengan berbagai fitur tambahan. Pengguna dapat melakukan ekspor dokumen ke berbagai format dokumen.

Genius Scan menawarkan pemindai yang pintar atau jenius di mana hasil scan dapat dikoreksi, diberi filter, serta dihapus bayangannya. Scanner dalam bentuk aplikasi android  ini pun memungkinkan pengguna untuk menyimpan dokumen pada berbagai platform seperti email, aplikasi cloud, serta layanan WebDAV.

SwiftScan

Swiftscan sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

Aplikasi SwiftScan adalah aplikasi scan android gratis terbaik lain yang dapat kamu coba. SwiftScan memungkinkan pengguna untuk dapat memindai kode QR dan dokumen hanya dengan satu ketukan. Dokumen yang dipindai nantinya dapat disimpan kepada layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, Evernote, dan layanan cloud lain.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini memiliki interface yang akan memanjakan mata pengguna. Pengguna juga dapat melakukan berbagai edit ringan pada berkasnya sebelum disimpan.

Simple Scan

Simple scan sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

Aplikasi Simple Scan juga sepertinya dapat menjadi aplikasi scanner dokumen pada android yang dapat kamu jadikan alternatif aplikasi pemindai yang dapat kamu pilih. Simple Scanner menawarkan berbagai fitur yang akan mempermudah proses pemindaian dokumen kamu.

Aplikasi yang telah di-download oleh lebih dari 10 juta pengguna ini memungkinkan pengguna memindai berkas dengan cepat. Fitur untuk yang palikasi ini tawarkan adalah pengguna dapat mengatur ukuran kertas mereka menjadi Letter, Legal, A4, dan ukuran kertas lain. Fitur yang sangat jarang ada pada aplikasi scanner.

Clear Scan

Clear Scan sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

AplikasiClear Scan juga dapat kamu jadikan alternatif aplikasi pemindai. Clear Scan menawarkan berbagai fitur prima yang tidak heran membuat ia banyak digandrungi oleh penggunanya. Clear Scan memungkinkan pengguna untuk melakukan proses edit berkas sebelum pengguna menyimpan dokumennya.

Pengguna dapat menyetel ukuran kertas, filter gambar, serta nama berkas dengan mudah. Clear Scan pun menawarkan fitur yang dapat mengekstraksi tulisan pada gambar menjadi bentuk teks digital. Canggih sekali bukan?

PhotoScan oleh Google Foto

PhotoScan sebagai aplikasi scanner android gratis terbaik

Aplikasi PhotoScan oleh Google Foto merupakan aplikasi yang mungkin tidak seperti aplikasi lainnya. PhotoScan seperti namanya memiliki spesialisasi di bidang pemindaian foto. Kalau kita melakukan pemindaian foto, biasanya kamu akan mendapatkan kilap dari kertas foto.

Nah, PhotoScan dengan fitur canggihnya dapat meminimalisir kilap itu sehingga foto yang kamu miliki dapat lebih terlihat jernih dan autentik. Tertarik untuk mencobanya?

TurboScan

TurboScan sebagai aplikasi scanner gratis terbaik

Aplikasi scanner android lain yang dapat kamu ulik lebih lanjut adalah TurboScan. Aplikasi TurboScan memungkinkan pengguna untuk memindai beberapa halaman dokumen dan melakukan kompilasi atas berkas tersebut dalam satu file.

Perangkat lunak ini dilengkapi dengan algoritma jenius untuk dapat mendeteksi pinggiran dokumen sehingga pengguna dapat melakukan proses scan dengan cepat dan akurat. Setelah melakukan proses scan pengguna pun dapat menyimpan berkasnya pada email serta layanan cloud sehingga aplikasi ini sangatlah fleksibel untuk digunakan.

Aplikasi scanner di android gratis terbaik | Claudio Schwarz Unsplash

Nah, itu tadi adalah berbagai aplikasi yang dapat membantu kamu melakukan proses pemindaian berkas. Dengan aplikasi-aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi jauh-jauh pergi menyambangi abangfotocopy. Kamu juga tidak perlu lagi membeli mesin fotocopy yang memakan uang dan tempat.

Tinggal klik, kamu sudah mendapatkan dokumen yang jernih dan beresolusi tinggi. Aplikasi ini akan sangat berguna ketika kamu sedang ditugaskan untuk mengumpulkan berkas secara online seperti yang marak sekarang ini.

Semoga aplikasi-aplikasi ini dapat membantu pekerjaan kamu menjadi lebih mulus ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again