Aplikasi mengambil atau membuat screenshot sudah banyak dijajakan di toko Google Play Store, tapi tampaknya Google punya rencana lain dengan membenamkan kemampuan itu ke dalam aplikasi pencarian Google untuk ponsel. Dilansir oleh 9to5google.com, bahwa sejumlah pengguna mendapati permintaan akses saat mengakses aplikasi Google. Dalam pemberitahuan itu,aplikasi Google meminta izin untuk mengakses penyimpanan perangkat, di mana menurut sumber merupakan salah satu syarat untuk menjalankan fungsi barunya, yaitu untuk mengambil dan memodifikasi screenshot.

Minimnya jumlah pengguna yang bisa menjumpai fitur ini mengindikasikan bahwa Google masih melakukan pengujian sebelum merilisnya ke pengguna global. Dari apa yang sudah dibeberkan, fitur ini memungkinkan pengguna mengambil screenshot kemudian memodifikasinya seperti memotong atau menambahkan coretan tangan berwarna. Tool hanya dapat bekerja untuk menangkap layar yang dibuka dari aplikasi Google.

google app

Aplikasi juga menampilkan menu berbagi yang seharusnya mendukung sejumlah aplikasi pihak ketiga seperti jejaring sosial Facebook, Twitter atau melalui email, SMS dan juga aplikasi pesan instan semacam WhatsApp. Fitur crop (memotong) tampak menggunakan metode standar yang banyak digunakan aplikasi edit foto. Kemudian untuk fitur coretan tangan, Google menyuguhkan beberapa pilihan warna yang dapat dipilih di bagian bawah. Tapi di situ disediakan pula jenis pensil yang berbeda untuk digunakan.

Kendati fitur menggambar terbilang sederhana, aplikasi tetap menyediakan tombol kembali yang berfungsi mengembalikan hasil editing yang tak diinginkan atau terdapat kesalahan. Sayangnya untuk saat ini masih terlalu dini untuk berpikir bahwa Google akan menghadirkan fitur serupa ke aplikasi lain. Paling tidak mereka harus menuntaskan pengujian ini hingga ke tahapan yang lebih matang.

Sumber gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.