15 December 2017

by Glenn Kaonang

Aplikasi Seeing AI Buatan Microsoft Kini Dapat Membaca Tulisan Tangan

Aplikasi yang ditujukan buat kalangan tuna netra ini sekarang juga bisa mengenali warna dan uang tunai

Masih ingat dengan Seeing AI, aplikasi iPhone buatan Microsoft yang mengandalkan AI untuk melihat sekaligus mengenali beragam objek di sekitarnya, lalu mendeskripsikannya secara lisan kepada pengguna tuna netra? Semenjak dirilis, Microsoft bilang sudah ada sekitar 100.000 pengguna yang mengunduh, dan mereka sekarang siap meluncurkan update berisikan sederet fitur baru.

Seperti yang sudah pernah dijanjikan sebelumnya, Seeing AI kini dapat mengenali uang tunai dan membacakan jumlahnya secara tepat kepada pengguna. Mata uang yang didukung sejauh ini baru dolar Amerika, dolar Kanada, poundsterling dan euro, namun ke depannya saya yakin Microsoft bakal menambah jumlahnya.

Tidak kalah menarik adalah kemampuan baru Seeing AI untuk mengenali dan mendeskripsikan warna dari beragam objek yang dilihat. Kemudian ada juga kemampuan untuk mendeteksi sumber cahaya dan membunyikan nada tertentu sebagai indikator bagi pengguna aplikasi.

Namun yang bisa dikatakan paling menarik adalah kemampuan Seeing AI untuk membaca tulisan tangan. Sebelum ini, Seeing AI sebenarnya sudah bisa membaca teks pendek maupun dokumen panjang, namun khusus untuk hasil cetakan saja. Berkat versi barunya, pengguna bisa mengetahui menu apa saja yang dihidangkan sebuah kedai kopi, yang biasanya terpampang di papan tulis.

Terakhir, Microsoft turut menyertakan opsi personalisasi yang lebih lengkap demi memudahkan pengguna. Yang paling utama, pengguna sekarang bisa memilih tipe suara dan seberapa cepat Seeing AI berbicara.

Update ini sekarang sudah meluncur di 35 negara di mana Seeing AI tersedia, namun sayangnya saya belum melihat Indonesia sebagai salah satunya.

Sumber: Microsoft.