11 January 2016

by Bambang Winarso

5 Aplikasi Flashlight (Senter) Android Ini Bisa Jadi Andalan di Saat-saat Genting

Meski terkesan remeh, aplikasi senter atau flashlight akan membantu Anda di kondisi darurat

Aplikasi senter Android berfungsi untuk memberikan penerangan saat berada dalam kondisi minim cahaya. Tapi, tidak semua smartphone Android secara default dibekali dengan fitur ini, sehingga diperlukan aplikasi tambahan yang tersedia banyak di Google Play Store. Di kesempatan ini, redaksi DailySocial Lifestyle akan hadirkan beberapa.

Tiny Flashlight + LED

Aplikasi senter untuk Android pertama adalah Tiny Flashlight + LED. Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan favorit pemilik Android yang memiliki spek terbatas. Alasannya, perangkat tidak banyak memakan ruang memori dan cara penggunaannya sangat sederhana. Ketika Anda menjalankan Tiny Flashlight + LED, maka akan muncul tombol menu power, baterai, dan peringatan yang memberi tahu Anda bahwa aplikasi ini dapat mengurangi daya baterai. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan peringatan tersebut, langsung tekan tombol power untuk menjalankan aplikasi dan senter ponsel Anda akan menyala. Berkat navigasi yang sangat sederhana ini, jumlah pengunduh Tiny Flashlight + LED kini telah berada di atas angka 100 juta user.

Flashlight LED HD

Di belakang Torch Tiny Flashllight, menguntit aplikasi senter Android  Flashlight LED HD yang telah menarik minat sedikitnya 50 juta pengguna Android. Mengusung konsep yang sama dengan pesaingnya, aplikasi ini juga menyuguhkan kesederhanaan menu agar pengguna dapat dengan mudah menjalankan fungsi senter. Sebuah widget di laman homescreen juga disediakan agar Anda dapat dengan segera menjalankan aplikasi tanpa membuka menu ponsel.

Smart Flashlight

Aplikasi senter terbaik berikutnya ialah Smart Flashlight. Aplikasi ini merupakan salah satu turunan keluarga Smart Tools yang kita ketahui selalu dapat kita andalkan untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Developer pun menyediakan widget khusus begitu Anda selesai mengunduhnya dari Google Play. Smart Flashlight akan memanfaatkan fitur LED flash bawaan ponsel Anda sebagai lampu senter. Menarikya, ia akan memfungsikan layar smartphone kalau gadget Anda tidak memiliki lampu LED.

Color Flashlight

Color Flashlight lebih memprioritaskan fitur kesenangan ketimbang fungsi senter yang sesungguhnya. Dari namanya saja, Anda sudah bisa menduga bahwa aplikasi senter untuk Android ini akan memancarkan lampu sorot warna-warni yang terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Namun Demikian, fungsi utama dari lampu senter tetap disematkan dalam aplikasi ini.

Fun Torch

Aplikasi flashlight atau senter terakhir ialah Fun Torch. Menggunakan aplikasi ini akan lebih menyenangkan karena pengguna dapat mengganti intensitas dan warna cahaya hanya dengan mengusap layar smartphone. Menariknya lagi, bentuk sorotan yang ia hasilkan pun bisa digonta-ganti, seperti neon, bohlam, lampion, bahkan obor.

Sumber gambar Shutterstock.