10 April 2015

by Glenn Kaonang

Selang 2 Tahun, Aplikasi Edit Foto Snapseed Akhirnya Dirombak Besar-Besaran

Di bulan September 2012, sebuah tim developer bernama Nik Software diakuisisi oleh Google. Cukup banyak orang yang penasaran, “apa yang membuat raksasa internet tersebut begitu tertarik dengan Nik Software?”

Snapseed jawabannya. Anda mungkin sempat mendengar namanya disebut-sebut di jagat internet sekitar empat tahun yang lalu. Aplikasi edit foto ini berhasil menyabet gelar iPad App of the Year 2011.

Satu hal yang membuat banyak orang menyukai Snapseed, selain kelengkapan tool-nya, adalah kemudahan penggunaannya. Snapseed mengandalkan berbagai gesture untuk menyesuaikan aneka parameter pada foto yang tengah di-edit.

Namun setelah Google mengakuisisi Nik Software, tidak banyak pembaruan yang diterima oleh Snapseed. Satu-satunya perubahan signifikan yang dilakukan Google adalah memotong harga jual Snapseed menjadi gratis.

Info menarik: Aplikasi Filters for iPhone Hadirkan 800 Jenis Efek Bagi Penggemar Fotografi

Well, tampaknya butuh waktu hampir dua tahun bagi Google untuk menyajikan sesuatu yang benar-benar baru dari Snapseed. Snapseed versi 2.0.0 membawa tampilan yang benar-benar segar, mulai dari icon aplikasi, sampai user interface-nya yang kini tampak begitu minimalis.

Sebagai produk Google, Snapseed kini telah mengadopsi filosofi Material Design. Versi baru ini tidak cuma membawa tampilan baru saja, tapi juga sejumlah tool baru yang menjadikannya semakin lengkap untuk keperluan meng-edit foto. Di antaranya adalah Lens Blur, Tonal Contrast, Spot Repair, Perspective Transform dan lain sejenisnya.

Melengkapi talentanya sebagai ‘Photoshop mini’, Snapseed versi 2.0.0 juga memperkenalkan fitur Stacks, dimana Anda bisa mengakses riwayat penyuntingan secara langkah demi langkah, lalu meng-edit-nya ulang. Anda juga bisa menyalin opsi penyuntingan pada satu gambar ke gambar lainnya sehingga hasil yang didapatkan akan tampak serupa.

Snapseed versi 2.0.0 untuk perangkat iOS kini sudah bisa diunduh secara cuma-cuma dari App Store. Anehnya, Snapseed versi Android masih belum di-update ke versi 2.0.0. Namun saya kira update-nya akan hadir dalam waktu dekat.

Sumber: App Store via TheNextWeb.