15 April 2015

by Glenn Kaonang

Aplikasi Something Good to Read Adalah Solusi Atas Kebiasaan Anda Menumpuk Artikel di Layanan Read Later

Berkat internet, kita bisa membaca berbagai artikel menarik sehari-harinya. Begitu banyaknya artikel yang menarik – seperti yang TRL selalu sediakan setiap harinya :) – sampai-sampai sebagian besar dari kita lebih sering menyimpannya memakai layanan read later seperti Pocket ketimbang langsung membacanya.

Dengan kata lain, seringkali artikel-artikel menarik yang kita jumpai menumpuk di akun Pocket atau Instapaper kita, dan pada akhirnya kita merasa cukup tertekan untuk membaca semuanya. Saya cukup yakin Anda mengalami hal seperti ini, karena saya sendiri juga.

Mengalami kejadian yang sama, seorang pengembang aplikasi bernama Ed Lea mencoba mencari solusi. Ia pun berhasil menemukan solusi yang cukup efektif, dalam bentuk aplikasi bernama ‘Something good to read’ yang ia kembangkan sendiri.

Prinsipnya sangat sederhana. Something akan mengumpulkan artikel-artikel terbaik yang dibagikan oleh koneksi Anda di Twitter berdasarkan berbagai faktor. Idenya mirip seperti yang ditawarkan aplikasi Nuzzel, akan tetapi cara penyampaiannya berbeda.

Info menarik: Aplikasi Kurator Berita Nuzzel Akhirnya Hadir di Android

Jika Nuzzel menampilkan artikel dalam bentuk list, Something menampilkan satu artikel secara penuh pada layar, dengan format yang mudah dibaca. Untuk berpindah ke artikel lain, Anda bisa melakukan gestureswipe ke kiri atau kanan.

Swipe ke kanan jika Anda menyukai artikel tersebut, atau ke kiri jika Anda kurang tertarik – tidak ada opsi pengaturan sama sekali. Something akan mempelajari preferensi Anda guna memberikan konten yang lebih sesuai.

Cara penyampaian seperti ini diterapkan agar kita terbiasa membaca artikel menarik saat itu juga, tidak menunda-nunda lalu menyimpannya hingga menggunung di layanan read later pilihan masing-masing.

Menariknya, Something bisa berfungsi meski tidak ada koneksi internet. Aplikasi ini akan mengumpulkan dan menyimpan artikel secara offline di background sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan saja, dengan catatan fitur Background App Refresh sedang aktif.

Bagi pengguna iPhone, Anda bisa mengunduh Something secara cuma-cuma melalui App Store.

Sumber: TheNextWeb.