16 May 2016

by Glenn Kaonang

Aplikasi The Roll Andalkan AI untuk Merapikan Camera Roll Anda

Foto yang mirip akan dikelompokkan, dan masing-masing akan diberi tag beserta skor estetika

Pengguna iPhone, coba cek Camera Roll Anda. Besar kemungkinan isinya berantakan; banyak duplikat di sana-sini. Namun ini malah bisa menjadi pertanda bahwa Anda sangat puas dengan kamera iPhone, sampai-sampai terkadang Anda menjepret terlalu banyak foto.

Manajemen foto yang ditawarkan aplikasi Photos bawaan iPhone sejauh ini masih kurang efisien, hanya mengandalkan fitur timeline saja. Di saat yang sama, foto-foto duplikat masih berkeliaran dan menjadi momok bagi storage iPhone yang terbatas di angka 16 GB saja – beruntung apabila Anda memilih varian yang lebih besar.

Kalau seperti itu masalahnya, Anda bisa mencoba aplikasi baru bernama The Roll. Tujuan utamanya hanya satu, yaitu menjadi pengganti Camera Roll secara penuh. Untuk itu, The Roll mengandalkan kecanggihan kecerdasan buatan (AI) dalam menerapkan manajemen foto secara otomatis.

The Roll akan sangat bermanfaat bagi pemilik iPhone 16 GB / EyeEm

Pertama-tama, The Roll akan mengelompokkan foto-foto yang mirip, lalu menempatkan satu foto yang terbaik di paling atas. Selanjutnya, masing-masing foto tersebut akan diberi tag berdasarkan konteks maupun objek yang dijumpai dalam gambar.

Di sinilah peran AI sangat dibutuhkan. Pihak pengembang The Roll menerapkan teknologi pengenal gambar yang telah dilatih dengan jutaan gambar, sanggup mendeteksi beragam objek yang ada di dalam foto Anda secara akurat. Dari situ pengguna nantinya bisa lebih mudah mencari foto-foto tertentu hanya dengan mencantumkan tag-nya.

The Roll akan mencantumkan tag berdasarkan konteks dan objek-objek yang dijumpai pada gambar / EyeEm

Setelahnya, tiap-tiap foto akan diberi skor berdasarkan aspek estetikanya. Mempertimbangkan itu semua, Anda pun bisa lebih mudah memilih foto-foto terbaik dan menghapus sisanya demi menyediakan storage lebih untuk iPhone Anda yang sudah kritis.

Yang menjadikan The Roll lebih menarik lagi, ia bisa didapatkan di App Store secara cuma-cuma, tanpa ada in-app purchase atau selipan iklan sama sekali. Bagi para pemilik iPhone 16 GB, jangan ragu mengunduh aplikasi ini.

Sumber: PetaPixel.