26 July 2017

by Bambang Winarso

Aplikasi Trusted Contacts Jumpai Pengguna iOS

Trusted Contacts debut di Android akhir tahun lalu, dan di momen ini juga memperoleh sedikit pembaruan

Pada akhir tahun 2016 lalu, Google merilis sebuah aplikasi bernama Trusted Contacts, sebuah aplikasi mobile yang memudahkan pengguna Android untuk membagikan lokasi kepada kontak terpilih, seperti keluarga atau teman dekat. Pada dasarnya, Trusted Contacts adalah aplikasi keamanan dengan memastikan anggota keluarga yang terhubung dalam kondisi baik-baik saja dan di tempat yang semestinya.

Kini, aplikasi Trusted Contacts buatan Google tersebut akhirnya tersedia juga untuk perangkat iOS. Meskipun demikian, terdapat beberapa fitur yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna Android karena di saat yang sama, Google menggulirkan beberapa fitur ekstra ke dalamnya.

Saat aplikasi Trusted Contacts terpasang ke smartphone, pengguna dapat memilih beberapa kontak misalnya Ayah atau Ibu. Nah, kontak-kontak ini dapat mengetahui status anda selama ponsel anda menyala walau tanpa jaringan internet. Kontak yang sudah terhubung juga dapat menerima notifikasi lokasi secara real-time dan berkala.

Sementara itu, kontak yang memperoleh informasi dari Anda akan melihat secara langsung titik di mana Anda berada di atas peta. Dan untuk memberikan kelonggaran, kini pengguna bisa mengatur durasi sebelum aplikasi Trusted Contacts membagikan informasi lokasi ke kontak. Fitur ini dapat membantu pengguna ketika berada di daerah terpencil yang kualitas datanya sangat buruk.

Selain itu, dalam versi terbaru, Google telah menambahkan sembilan bahasa baru, di antaranya adalah Bahasa Yunani, Persia, dan Urdu. Dengan demikian, Trusted Contacts kini telah tersedia dalam 25 pilihan bahasa.

Sumber berita Google.