1. Entrepreneur

Daftar Lengkap Aplikasi untuk Content Creator, Bikin Konten Makin Kreatif!

Daftar aplikasi yang dapat digunakan oleh content creator untuk menunjang kualitas dan kreativitas konten tulisan, audio, grafis serta video di berbagai platform digital.

Content creator merupakan sebutan bagi orang yang membuat berbagai materi konten, mulai dari konten tulisan, audio, visual maupun gabungan dari keseluruhannya. Konten yang dibuat tersebut biasanya akan diunggah di platform digital termasuk media sosial.

Materi konten yang dibuat oleh content creator akan menyesuaikan fungsi dan tujuan dari konten tersebut. Fungsi pembuatan konten sendiri beragam, ada yang digunakan sebagai hiburan, edukasi, brand awareness, sosialisasi dan masih banyak lagi.

Berikut ini rekomendasi berbagai aplikasi yang dapat digunakan oleh content creator untuk menunjang kualitas dan kreativitas konten di berbagai platform digital, yang dikategorikan berdasarkan jenis kontennya. Simak selengkapnya.

Aplikasi untuk Konten Tulisan

  • Google Docs

Aplikasi pertama yang dapat digunakan oleh seorang content creator untuk menunjang kualitas konten tulisannya adalah Google Docs. Google Docs merupakan layanan pengolah kata oleh Google, yang dapat digunakan untuk membuat, mengedit, berbagi akses dokumen dan masih banyak lagi.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V

KBBI merupakan kamus daring yang dikelola oleh Badan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan (Kemendikbud) atau yang kini menjadi Kemenristekditi. KBBI V dapat digunakan oleh content writer guna menunjang kreativitas diksi bahasa Indonesia yang digunakan pada konten.

  • Google Analytics

Google Analytics merupakan layanan dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Layanan pada aplikasi ini dapat digunakan oleh pembuat konten di website atau blog untuk menganalisa kinerja dan memberikan gambaran terkait konten yang disukai khalayak.

Aplikasi untuk Konten Audio

  • Anchor

Aplikasi Anchor merupakan alat yang dapat digunakan oleh pembuat konten audio pemula untuk merekam dan mengedit suara dengan kualitas profesional. Anchor juga memungkinkan pembuat konten dapat mengatur rekaman suaranya menjadi beragam segment dan episode.

  • WavePad

Wavepad adalah aplikasi yang memiliki beragam fitur untuk mengedit dan mengolah konten suara sesuai keinginan. Mulai dari menghapus, memotong, mangatur equalizer, menyisipkan audio lain, menghilangkan suara bising hingga memberikan efek suara tambahan.

  • Bandlab

Bandlab merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh pembuat konten untuk membuat, mengolah dan menyusun konten musik. Aplikasi ini memungkinkan pembuat konten untuk merekam suara dan memasukkan suara alat musik yang dapat dipadukan menjadi sebuah lagu.

Aplikasi untuk Konten Visual atau Grafis

  • Canva

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang dapat digunakan oleh pembuat konten untuk mempercantik konten di media sosial. Canva menyediakan banyak template postingan media sosial. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan template untuk mendesain logo, poster, undangan, majalah, hingga presentasi.

  • VistaCreate by Crello

Crello adalah aplikasi edit visual yang dapat membantu pembuat konten untuk menunjang kreativitas dalam mengembangkan media sosialnya. Aplikasi ini dapat memungkinkan penggunanya membuat gambar, spanduk, banner, iklan, poster, dan keperluan grafis lainnya.

  • Animation Desk

Animation Desk merupakan aplikasi yang wajib digunakan content creator dalam membuat konten animasi. Aplikasi ini memungkinkan pembuat konten menciptakan karya seni dengan aplikasi sederhana, tanpa melalui proses manual menggambar di kertas dan software profesional yang rumit.

  • PhotoRoom

PhotoRoom merupakan aplikasi edit foto profesional yang dapat digunakan pembuat konten hingga pelaku usaha untuk menciptakan konten grafis yang kreatif secara praktis. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya mengedit warna, memotong foto, menghapus dan mengganti background gambar, membuat font dan masih banyak lagi.

  • Picsart

Picsart merupakan aplikasi edit dan kreasi foto yang digandrugi konten kreator anak muda kekinian. Aplikasi ini sangat menunjang kreatifitas penggunanya dalam berkreasi dengan memanfaatkan segala fitur yang dimilikinya.

Aplikasi untuk Konten Audio Visual atau Video

  • Capcut

Capcut adalah aplikasi edit video yang banyak digunakan oleh kreator di platform media sosial TikTok. Aplikasi ini memungkinkan pembuat konten untuk mengkreasikan videonya dengan menggunakan template yang tersedia atau menciptakan templatenya sendiri.

  • InShot

Aplikasi Inshot dapat digunakan oleh pembuat konten untuk mengedit video dengan fitur yang beragam namun mudah dipahami. Fitur yang disediakan aplikasi ini di antaranya yakni memotong video, memutar video, menambahkan filter dan efek, mengatur komposisi warna, mengatur kecepatan video dan masih banyak lagi.

  • Kinemaster

Kinemaster dapat menjadi aplikasi edit video yang dapat diandalkan konten kreator dalam mengedit konten videonya dengan resolusi yang dapat disesuaikan. Aplikasi ini membantu pembuat konten dalam menambahkan media, menyesuaikan filter, saturasi dan warna, membuat transisi video dan lainnya.

  • FilmoraGo

FilmoraGo adalah aplikasi edit video yang ringan dan mudah dijalankan oleh pembuat konten pemula, bahkan dengan ponsel pintar yang berspesifikasi rendah. Aplikasi ini memiliki fitur memasukkan tema ke video, membuat transisi, memotong tampilan video, memasukkan musik dan teks, dan masih banyak lagi.

Aplikasi untuk Perencanaan Konten

  • Evernote

Sebelum menciptakan konten, biasanya konten kreator akan menyiapkan ide-ide konten terlebih dulu. Salah satu aplikasi perencanaan konten yang dapat digunakan oleh konten kreator adalah Evernote. Evernote memungkinkan pembuat konten untuk menyimpan ide-ide konten, hasil riset, dan membuat catatan cepat dalam format yang mudah digunakan dan dioperasikan.

  • Garny

Garny merupakan aplikasi pratinjau tampilan feed Instagram yang dapat digunakan oleh konten kreator Instagram. Aplikasi ini juga membantu konten kreator untuk menjadwalkan posting konten secara otomatis di waktu tertentu.

Demikian berbagai aplikasi yang dapat digunakan oleh content creator untuk menunjang kualitas dan kreativitas konten tulisan, audio, grafis serta video di berbagai platform digital.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again