Categories

Mobile

Aplikasi Wakie 'Membangunkan' Tidur Anda Menggunakan Panggilan Telepon dari Orang Asing

Michael Erlangga - 9 September 2014

Bangun pagi kerap menjadi kesulitan tersendiri bagi beberapa orang. Demi mensiasati hal tersebut, memanfaatkan jam weker atau aplikasi alarm di perangkat mobile telah menjadi hal yang lumrah di masyarakat kini. Uniknya, hadir aplikasi alarm berbasis Android yang mengizinkan orang asing menelepon untuk membantu Anda bangun dari tidur.

Mungkin memang terdengar sedikit menakutkan, namun nyatanya aplikasi yang dinamakan Wakie ini diklaim aman. Menurut TheNextWeb, aplikasi ini tidak menyimpan nomor seluler antara dua pihak yang saling menghubungi, kecuali jika teman-teman Trenogoers bertanya langsung pada lawan bicara. Jadi, jangan khawatir tentang nomor telepon yang akan mengganggu nantinya.

Meskipun begitu, aplikasi ini tetap membutuhkan nomor seluler untuk proses registrasi pengguna pada awalnya. Setelahnya, pengguna akan dibagi menjadi dua kategori, yakni Sleepyheads dan Wakies. Sleepyheads adalah kategori pengguna yang tertidur dan butuh dibangunkan, sedangkan Wakies adalah pengguna yang memiliki tugas untuk membangunkan.

Sistem kerja aplikasi ini sangat unik, cukup pasang pukul berapa pengguna ingin dibangunkan. Wakie akan memasangkan antara Sleepyheads dan Wakies dengan kriteria umur sebaya.

Untuk meningkatkan minat, Wakie juga memiliki algoritma yang memasangkan kedua belah pihak dengan perbedaan jenis kelamin. Hal ini membuat pagi hari Anda menjadi semacam ajang pencarian jodoh. Sayangnya, setiap panggilan hanya berlangsung maksimal satu menit saja. Di detik ke-50, pengguna akan diberi notifikasi bahwa percakapan akan segera terputus.

Budist selaku tim pengembang aplikasi Wakie telah mempersiapkan aplikasi ini kalau-kalau tidak ada Wakies yang tersedia untuk membangunkan pengguna. Jika demikian, maka Wakie akan menjadi alarm biasa yang membosankan pada umumnya.

Sangat disayangkan, layanan aplikasi Wakie baru bisa tersedia secara penuh di beberapa negara saja seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Singapura, dan Hong Kong. Di luar itu, termasuk di Indonesia, pengguna hanya bisa menjadi sebagai Wakies. Artinya, teman-teman Trenogoers dapat membangunkan orang asing dari negara-negara tersebut saja, namun belum mendapatkan fitur ‘dibangunkan’.

Belum ada kabar resmi tentang perluasan layanan ini ke beberapa negara lain, tapi sepertinya sedang dalam proses perancangan. Wakie untuk Android dapat diunduh gratis, sementara versi iOS-nya diberitakan akan rilis dalam waktu dekat ini.

 

[ilustrasi foto: Wakie]

-

This Android Channel is sponsored by Baidu. Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Quick, convenient and with more content and resources, Baidu Browser satisfies all your browsing needs. Fast: Exclusive kernel increases browsing speed by 30%; Compact: Lightweight, uses little memory, runs smoothly; Huge resources: Quickly access the content, news and images you’re interested in; Free: 100% free to download and use. Download Baidu Browser: link.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter