23 February 2016

by Aditya Daniel

Aplikasi Waterminder, Bantu Ingatkan Anda Minum Air Putih Secara Rutin

Aplikasi iOS ini dilengkapi dengan pengingat untuk memastikan Anda mengkonsumsi air putih secara cukup

Air merupakan asupan yang cukup penting bagi tubuh. Bagaimana tidak, sekitar lebih dari 80% dari tubuh kita terdiri dari air. Air dalam tubuh memiliki banyak fungsi seperti sarana pencernaan dan penyerapan, transportasi nutrisi hingga menjaga suhu tubuh. Nah, mengingat betapa penting air bagi tubuh maka kita wajib memenuhi kebutuhan air tiap harinya.

Idealnya orang dewasa mamperlukan sekitar 8 gelas atau kira-kira 2 liter untuk memenuhi kebutuhan air di tubuh setiap harinya. Kini, ada sebuah aplikasi di iOS guna mengingatkanmu meminum air yang cukup setiap harinya. Aplikasi ini dinamakan Waterminder.

Waterminder akan mengingatkan Anda untuk meminum air putih sesuai kebutuhan tiap harinya. Pada saat pertama menggunakan aplikasinya, Anda akan disuruh memilih jenis kelamin serta mengisi tinggi dan berat badan. Waterminder akan secara otomatis menghitung berapa jumlah air putih yang harus Anda konsumsi setuap hari.

Anda bisa mencatat jumlah air yang sudah diminum menggunakan tanda '+' di bagian bawah. Ada 3 ukuran yang bisa Anda pilih. Jika Anda sudah mengkonsumsi air putih sesuai jumlah yang direkomendasikan Waterminder maka orang yang ada pada aplikasinya akan berwarna biru.

Tenang, Waterminder akan mengirimkan reminder tiap beberapa jam sekali agar Anda tak lupa minum. Selain itu, asupan air putih di Waterminder terintegrasi dengan aplikasi Health milik Apple.

Anda bisa melihat catatan jumlah air yang dikonsumsi setiap harinya lewat tab History di Waterminder. Jika ingin mem-backup catatan yang dimiliki, ada pilihan Export as CSV di aplikasinya. Ingin mencatat dengan cepat setelah minum? Waterminder memiliki Today Widget Notification Center yang bisa digunakan.

Pada pengaturan aplikasi Waterminder, Anda bisa mengganti satuan ukuran air yang dikonsumsi antara Oz dan mL. Selain itu Anda juga bisa memilih menampilkan badge di ikon aplikasi Waterminder atau mengaktifkan pengingat yang akan mengirim notifikasi setiap beberapa jam sekali.

Tak hanya berupa aplikasi pencatat saja, Waterminder juga memberikan satu laman berisi tips dan trik serta mengapa meminum air putih yang cukup adalah hal yang penting.

Waterminder cocok bagi Anda yang sering kelupaan meminum cukup air putih setiap harinya. Hidup sehat bisa dimulai dari hal yang sederhana bukan? Dengan minum air putih secara cukup dan teratur setiap hari misalnya.

Download - App Store - Rp 29ribu

Gambar header: Shuttersock