Categories

Mobile

Avast Luncurkan Aplikasi Wi-Fi Super Aman untuk Android

Wi-Fi Finder memperoleh rekomendasi dan juga verifikasi dari manusia sungguhan

Bambang Winarso - 11 February 2016

Pengguna smartphone mempunyai dua metode jaringan data yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Yang pertama melalui data seluler yang biasanya harus berlangganan atau membeli kuota tertentu. Kedua, melalui jaringan Wi-Fi publik yang disediakan oleh fasilitas publik atau tempat tertentu, misalnya mall, cafe, restoran, pusat kebugaran dan lain-lain. Jaringan seluler adalah yang paling aman karena hanya Andalah yang terhubung, namun jaringan ini dibatasi oleh kuota dan kekuatan sinyal. Kekurangan itu ditutupi oleh jaringan Wi-Fi, tetapi di sisi lain Wi-Fi publik mempunyai potensi bahaya yang mengintai setiap saat.

Oleh karena itulah Avast Software berinisiatif menawarkan aplikasi aplikasi WiFi Android bernama Wi-Fi Finder yang akan membantu pengguna terhubung ke jaringan hotspot publik dengan aman.

Dalam deskripsinya di Play Store, Avast mengatakan bahwa Wi-Fi Finder membantu pengguna mencari koneksi Wi-Fi yang gratis, cepat, bisa diandalkan dan aman di sekitar mereka. Avast mengklaim jaringan Wi-Fi yang terdapat di aplikasinya telah diverifikasi dan dibuktikan oleh manusia sungguhan. Jadi, pengguna tinggal memilih jaringan yang terjangkau oleh perangkat tanpa khawatir dengan resiko keamanannya. Walaupun memang opsi yang tersedia baru terbatas pada sejumlah tempat saja, namun Avast mengklaim data jaringannya meliputi jaringan hotspot di seluruh dunia. Pengguna tinggal menyesuaikan lokasi di mana ia berada.

Demi memberikan rasa aman yang lebih kuat, Wi-Fi Finder juga menyediakan tool pemindai untuk memastikan jaringan Wi-Fi yang terdeteksi oleh perangkat pengguna aman digunakan. Tool ini akan bekerja dengan cara memberikan peringatan dini apabila jaringan tersebut tidak aman.

Wi-Fi Finder kini telah tersedia di Google Play Store dan dapat bekerja dengan baik di perangkat dengan OS Android 4.0.3 ke atas. Beban berkasnya pun cukup ringan, hanya 7,9MB.

Sumber berita Softpedia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter