29 July 2016

by Glenn Kaonang

Aplikasi Wikipedia untuk Android Dirombak Habis, Kini Tawarkan Konten Terkurasi

Harapannya pengguna bakal tertarik untuk membukanya di waktu luang

Aplikasi Wikipedia untuk Android baru-baru ini menerima perombakan besar-besaran. Bukan cuma tampilannya saja yang dipermak, tapi fitur-fiturnya turut diperkaya supaya pengguna jadi lebih tertarik untuk membukanya di waktu luang.

Premis dasarnya kini berubah: ketimbang hanya menjadi aplikasi referensi yang pengguna buka saat dibutuhkan saja, Wikipedia ingin menyajikan konten-konten menarik yang bisa dibaca selagi pengguna membunuh waktu, entah itu ketika menunggu bus datang atau sekadar antre di Starbucks.

Halaman depannya kini dihuni oleh deretan konten terkurasi, mulai dari pilihan para editor Wikipedia sendiri atau yang paling banyak dibaca pengguna (trending) pada hari itu juga. Aplikasi tidak lupa menyuguhkan rekomendasi artikel berdasarkan yang pengguna baca di Wikipedia dalam beberapa waktu terakhir.

Tampilan baru halaman depan Wikipedia untuk Android / Wikimedia

Lebih lanjut, Wikipedia turut menyediakan konten berita internasional yang sedang menjadi buah bibir, lengkap beserta link menuju artikel Wikipedia yang terkait. Fitur pencarian juga telah disempurnakan, dimana pengguna kini bisa memanfaatkan perintah suara untuk mencari konten dalam Wikipedia.

Tentunya pengguna tidak dipaksa untuk membaca semua konten yang disuguhkan tersebut. Jika Anda tidak tertarik, tinggal swipe kartunya untuk menyembunyikannya. Di saat yang sama, pengguna bisa menyimpan artikel untuk dibaca secara offline atau dibagikan melalui media sosial.

Secara keseluruhan, update ini sepertinya bisa membuat aplikasi Wikipedia lebih relevan ketimbang sebelumnya. Saya pribadi baru menyadari kalau aplikasi Wikipedia di ponsel tidak pernah saya buka karena reflek saya adalah membukanya di browser. Konten-konten terkurasi seperti yang disebutkan tadi tentunya akan menjadi pembeda yang signifikan antara situs dan aplikasi Wikipedia.

Sumber: Wikimedia Blog.

Application Information Will Show Up Here