Aplikasi “Windows Blog” di platform Windows Phone yang berbasis blog dengan nama sama (dahulu bernama idWinPhone) sedang terkena masalah. Mereka terkena somasi pihak legal Microsoft terkait penggunaan logo dan nama Windows. Mereka diharuskan menurunkan aplikasi tersebut dari Windows Phone Store dalam jangka waktu 24 jam.

Seperti tertera dalam blog post-nya, Afit Husni sebagai pengelola blog yang berkutat tentang platform Windows Phone menyebutkan:

pihak Microsoft melalui tim legal mereka mengirimkan pemberitahuan bahwa aplikasi Windows Blog kami harus segera diturunkan dalam waktu 24 jam. Alasan mereka adalah karena kami menggunakan logo dan nama Windows yang sudah mereka daftarkan di paten Amerika Serikat.

Meskipun  memahami soal isu logo, mereka cukup mempertanyakan kenapa Microsoft mempermasalahkan nama yang digunakan oleh aplikasi dan blog tersebut. Menurut pembelaan mereka, kata “Windows” banyak digunakan sebagai nama blog, seperti Windows Blog Italia, WindowsBlog.in, WindowsBlog.at, WindowsCentral.com.

Terlepas dari sisi hukum, yang kami pun awam, kami berpendapat sepertinya yang dimasalahkan Microsoft adalah nama aplikasi yang terdaftar di Windows Phone Store, bukan nama blog-nya. Nama “Windows Blog” dipakai oleh blog resmi Windows, sehingga kemungkinan pihak Microsoft khawatir konsumen akan salah mengira aplikasi “Windows Blog” dengan logo khas jendela sebagai aplikasi resmi Microsoft untuk mengkomunikasikan soal Windows. Jika dugaan ini benar, memang yang paling aman adalah mengganti nama dan logo “Windows Blog” dengan nama dan logo lain.

Semoga cepat ditemukan titik terang dan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Update: Blog kini telah kembali berganti nama menjadi idWinPhone.