10 October 2014

by Puja pramudya

Aplikasi Windows Phone Pilihan Bagi Para Penggemar Berita

Setiap hari, ribuan mungkin jutaan informasi baru hadir di internet. Setiap hari pula kita terpapar dengan aneka ragam berita terbaru. Bagi banyak orang smartphone sudah menjadi jendela utama untuk mencari informasi dan berita yang paling up-to-date.

Banyak aplikasi yang dapat membantu kita untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun, tidak banyak aplikasi yang memiliki fungsionalitas lengkap sekaligus menawarkan pengalaman aplikasi yang menyenangkan.

Berikut ini kami pilihkan tiga aplikasi terbaik yang dapat membantu para penggemar berita untuk membaca dan mendapatkan informasi.

Nextgen Reader

Nextgen Reader adalah aplikasi layanan baca yang terhubung dengan layanan Feedly. Aplikasi ini memungkinkan kita menyimpan berbagai sumber berita dari website yang Anda gemari. Karena terhubung dengan Feedly, aplikasi ini dapat melakukan sinkronisasi sehingga konten selalu ter-update meskipun tidak selalu dibuka.

Nextgen Reader memiliki fitur yang sangat lengkap, baik fungsional maupun antarmuka. Dari sisi fungsional, kita dapat menambahkan berbagai konten website, melakukan pengelompokan berdasarkan minat atau kategori, dan melakukan sinkronisasi data.

Nextgen menampilkan seluruh daftar feed ke dalam daftar folder yang dapat direorganisasi dengan mudah. Nextgen sudah menyediakan situs-situs rekomendasi sesuai dengan minat pembaca. Akan tetapi, kita selalu diberikan kebebasan untuk berlangganan terhadap website manapun yang memiliki fitur feed.

Nextgen Reader meskipun sederhana dari sisi tampilan, tapi benar-benar mengadopsi tampilan modern ala Windows Phone yang sudah diusung sejak awal rilis sistem operasi ini. Tampilannya tidak berlebihan dan melengkapi fungsi. Terdapat beberapa kustomisasi yang dapat kita pilih namun secara normal tampilan yang diberikan sudah menyenangkan.

 

Nextgen Reader – Windows Phone Store – Berbayar (dengan sistem Trial)

 

Info menarik: Tips Menghemat Pemakaian Baterai Perangkat Windows Phone

 

Phonly

Phonly adalah aplikasi membaca yang juga melakukan sinkronisasi dengan Feedly. Phonly lebih baik dari sisi tampilan dibandingkan Nextgen Reader yang terlalu sederhana.

Tampilan utama Phonly langsung membagi berbagai konten menjadi beberapa bagian, favorit, terpopuler dan artikel yang disimpan dibandingkan tampilan list ala Nextgen. Dengan demikian Phonly menawarkan pengalaman yang lebih kaya dan menarik.

Secara fungsional, Phonly dapat menjawab berbagai kebutuhan pengguna, menambahkan artikel, kategori hingga fitur berbagi menggunakan media sosial. Jika Anda penggemar aplikasi gratis, Phonly adalah aplikasi yang tepat untuk Anda.

Aplikasi Phonly memiliki bagian iklan yang dapat Anda hilangkan dengan membayar melalui in-app-purchase.

 

Phonly – Windows Phone Store – Gratis

 

Info menarik: Aplikasi Windows Phone Pilihan Untuk Pelajar/Mahasiswa

 

Flipboard

Flipboard adalah salah satu aplikasi favorit bagi para penggemar berita. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi favorit saya.

Flipboard memiliki tampilan yang luar biasa menyenangkan, relatif lebih menarik daripada dua aplikasi yang dipaparkan sebelumnya. Di awal aplikasi, Anda akan disapa dengan tampilan Live Cover, dengan gambar berukuran besar dan overlay judul artikel. Secara visual, hal ini sangat menyenangkan.

Flipboard dapat diintegrasikan dengan media sosial seperti Twitter dan Facebook. Ketika ini dilakukan, membaca Twitter dan Facebook memiliki rasa yang berbeda daripada sekedar melakukan scrolling terhadap lini masa tampilan khas media sosial.

Flipboard tidak menyediakan cara yang leluasa bagi para penggunanya untuk menambahkan sumber artikel. Hal ini sangat disayangkan, dan melihat dari kemampuan aplikasi ini di platform tetangga, fitur di Windows Phone masih sedikit tertinggal.

Fitur unik lainnya dari Flipboard, kita dapat membuat koleksi artikel ke dalam sebuah majalah (disebut sebagai magazine). Majalah ini kemudian dapat kita bagi ke publik sehingga orang lain dapat menemukan majalah ini dan berlangganan. Fitur ini menawarkan kurasi berita dari orang-orang yang Anda anggap relevan bagi Anda.

 

Flipboad – Windows Phone Store – Gratis.

 

Demikian beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memuaskan dahaga informasi para pengguna Windows Phone. Semoga dengan aplikasi pilihan ini dapat memaksimalkan perangkat Windows Phone Anda untuk mendukung aktivitas membaca.